Foto: Keindahan Candi Ratu Boko

0
407
Gapura Masuk Area Candi Ratu Boko

REVIENSMEDIA.COM, YOGYAKARTA – Situs Ratu Baka atau Candi Boko situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.

Baca Juga  ⁠⁠⁠Indonesia Beruntung Punya Hanafi !
Kolam di Area Candi Ratu Boko
Kolam di Area Candi Ratu Boko
Kolam di Area Candi Ratu Boko
Kolam di Area Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko
Nampak Gapura Masuk Area Candi Ratu Boko
Nampak Gapura Masuk Area Candi Ratu Boko

Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang(Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.

Baca Juga  Lubang Sewu, Objek Wisata Menawan di Sisi Waduk Wadaslintang

 

Foto: Coiril Chodri

Sumber Tulisan: Wikipedia

Comments

SHARE
Previous articleKeindahan Yang Tersembunyi
Next articleBersama Tokoh: Aku dan Eyang Habibie
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here