Muara Terbendung Pasir, Warga Pergoki Hiu Melintas Di Sungai

0
221
Muara terbendung pasir (Reviensmedia.com/udin)

Reviensmedia.com, Yogyakarta – Minggu (25/10/2015) reviensmedia.com mengunjungiPantai Congot yang berada di desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Muara di Pantai Congot terlihat berbeda di musim kemarau ini, aliran air sungai bogowonto tidak dapat bermuara ke laut. Hal itu terjadi karena muara tertutup oleh pasir.

Gelombang laut yang membawa pasir menghempas di muara dan mengakibatkan muara terbendung pasir.
Kondisi tersebut tampaknya berpengaruh pada ekositem di bawah air. Banyak ikan laut yang terjebak di sungai ketika muara mengalami pendangkalan. Ikan-ikan besar yang masuk ke sungai tidak dapat kembali lagi ke laut. Sempat terdengar kabar bahwa ada seorang warga memergoki ikan hiu melintas di bawah jambatan Congot. Tidak hanya itu, Etik warga desa Karangsari Purworejo memceritakan bahwa menurut informasi temannya ikan hiu itu sudah menyusuri sungai sampai desa Karangsari yang jaraknya kurang lebih 2 km dari muara Pantai Congot. “Hiu itu berjalan beriringan dan ada juga yang saling kejar-kejaran, jumlahnya 7 ekor”, imbuhnya.

Baca Juga  Kemlu Memimpin Persiapan Kunjungan Presiden RI ke AS

Fenomena ikan predator tersebut, sempat membuat khawatir para nelayan. Ada yang nekat tetap mencari ikan di sungai ada juga yang memilih sementara waktu mengurungkan niatnya. Sebagian warga mempercayai ikan hiu tidak akan memangsa manusia, terkecuali jika ada kondisi tubuh yang terluka dan menimbulkan bau anyir. Ikan hiu mempunyai penciuman yang tajam, dikhawatirkan jika ada bagian tubuh yang terluka dan mengeluarkan darah, predator tersebut akan lebih cepat mendeteksi keberadaan kita dan mengira sebagai mangsanya. (Udin)

Baca Juga  Gempa 6 SR Guncang Mandailing Natal

Comments

SHARE
Previous article“Tree of Life”: Persembahan Miko Malioboro dan Alessandro Whitt
Next articleMeski Sumbang Perak, Praveen Debby Mengaku Kecewa
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here