WAJAH SALAH SATU PANTAI DI PURWOREJO

272

Oleh: Miftahul Chusna

Purworejo – Siang itu hari sangat cerah, sinar matahari terasa sangat menyengat ketika aku diajak teman ke Pantai Keburuan, makanya kami memutuskan untuk pergi bakda Ashar saat sinar matahari sudah tidak begitu panas. Setelah adzan Ashar berkumandang, kami segera menunaikan sholat dan bergegas pergi. Tidak lebih dari satu jam akhirnya kami sampai juga di Pantai Keburuhan. Sampai di sana kami segera turun dan melihat-lihat sekitar pantai.

Pantai Keburuhan terletak di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Untuk sampai di Pantai Keburuhan sulit jika menggunakan kendaraan umum karena belum ada angkot menuju ke sana. Jika Ingin ke Pantai Keburuhan lebih enak menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju ke Psntsi Keburuhan hanya tinggal menyusuri jalan Daendles. Sebelah kiri jalan Daendles, dari arah Pantai Jatimalang, ada papan petunjuk Pantai Keburuhan.

Pantai Keburuhan sering dikunjungi oleh banyak orang terutama kaum muda-mudi. Ketika aku dan temanku berkunjung ke Pantai Keburuhan, aku melihat ada banyak orang yang datang. Beberapa pasang remaja terlihat sedang menikmati indahnya pantai bersama pasangannya masing-masing, dan ada juga sekelompok remaja yang sedang asyik berenang. Mereka terlihat begitu asyik bermain dengan ombak. Selain itu, terlihat juga keluarga yang berkunjung ke pantai tersebut dan masih banyak lagi orang yang datang dengan kepentingannya masing-masing. Saat itu kepentinganku datang ke Pantai Keburuhan adalah untuk melepas kangen dengan sahabat SMA-ku. Kami sudah lama tak bertemu, karena aku dan dia sekarang bertempat tinggal dengan jarak yang cukup jauh, dia di Purworejo, sedang aku di Jakarta. Selain itu juga aku ingin menengok kembali tempat yang bisa disebut salah satu tempaat wisata yang ada di Purworejo ini, karena memang sudah lama aku tidak mengunjunginya.

Baca Juga  Megono, Makanan Rakyat Yang Meraja

Setelah setahun lebih aku tidak berkunjung ke Pantai Keburuhan, agak terkejut juga melihat beberapa perubahan yang terjadi pada pantai itu. Hal pertama yang aku lihat adalah pasir pantai yang tampaknya telah ambles atau turun sehingga mengakibatkan bagian bawah beberapa bangunan yang ada menjadi terlihat dan pondasinya sebagian juga rusak. Selain itu sungai yang ada di sebelah barat juga tampak berubah. Setahun yang lalu, aliran sungai yang bertemu dengan laut masih berada lurus di sebelah barat, tapi waktu kemarin aku datang alirannya telah berubah berbelok agak ke timur. Hal lain yang aku temukan di Pantai Keburuhan adalah beberapa buah kapal yang sedang diparkir di atas dataran pasir. Kapal Itu milik para nelayan yang biasa digunakan untuk melaut di malam hari demi mencari beberapa ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Baca Juga  Kaligesing the Amazing Village

Matahari mulai turun di ujung barat, hari pun mulai gelap. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Puas rasanya bisa menghabiskan sore di Pantai Keburuhan bersama sahabat sebelum aku pergi meninggalkan Purworejo dan kembali ke Jakarta untuk sementara waktu. Akhirnya hal ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang bisa aku bagikan kepada teman-taman semua. Semoga Pantai Keburuhan ini bisa semakin berkembang sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Purworejo yang menarik banyak orang, serta bisa membawa nama Purworejo ke ranah yang lebih luas.

Comments

Previous articleBologna Children’s Bookfair 2015
Next articleAkibat Kemarau Yang Semakin Parah, Warga di Ciamis Ini Beralih Profesi.
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.