Tambora: Gunung, Mitos dan Kolonialisme !

0
225
Diskusi dan kajian budaya oleh Paox Iben (Facebook)

Diskusi dan kajian budaya oleh Paox Iben.

Reviensmedia.com, Jogjakarta. Sore itu suasana dalam kampus UIN Sunan Kalijaga, khususnya di markas Teater Eska dan gelanggang teaternya tampak berbeda. Tepat pukul 15.30 wib, acara pun dibuka tanpa basa-basi oleh moderator sahabat Eska sendiri dengan tema kali ini: Parallel Event 1, Tambora: Gunung, Mitos dan Kolonialisme. Yang diadakan oleh Teater Eska Archive Exibition Jogjakarta. Tentu saja acara ini dihelat masih dengan kaitan ulang tahun ke 35 Teater Eska sendiri dan menghadirkan langsung “pawangnya” Novelis Tambora, sekaligus dedengkot dari Eska yakni Paox Iben yang kebetulan sedang berkunjung ke Jogjakarta.

Baca Juga  MERTI DESA PETHIK TIRTA DI JENAR LOR

Diskusi dan kajian budaya oleh Paox Iben.
Diskusi sangat menarik. Paox Iben yang sudah menghasilkan novel selain Tambora ada juga Medulla, Gadis Gurun,dan ratusan essay serta mempioniri beberapa komunitas budaya, forum diskusi baik di Kota Jogjakarta dan Sumbawa ini berhasil menggiring nalar peserta tidak hanya terpaku pada satu bahasan pokok Tambora saja atau Tamboracentris. Paox yang pernah menyelesaikan study nya di USD Jogjakarta dan sangat jago dalam mapping sosiologis masyarakat, filsafat dan semua yang erat dengan bab-bab humaniora.

Baca Juga  KOPI LUWAK DARI DESA ADAT SAGA-ENDE

Diskusi dan kajian budaya oleh Paox Iben.
Sungguh banyak ilmu, cakrawala baru yang didapat oleh peserta diskusi sore itu. Diagendakan berseri dan selama 2-3 hari akan ada lagi diskusi seperti ini. Pesan yang masih terngiang dan ditekankan oleh Paox Iben, bagaimana memandang satu kasus atau membuat kajian bahwa perlu kajian secara komperehensif, dialektika menyeluruh dan humanis tetap diperlukan. Berproses dan yang utama, jangan sepihak atau sempit dalam upaya menggulirkan atau menggarap sesuatu kegiatan dalam kaitan proyeksi budaya, seni dll nya. (ilhan erda)

Credit foto: : FB Paox Iben, blogkaji.com.

Comments

SHARE
Previous articleFitur Terobosan Baru Go-Jek
Next articleRibuan Buruh Bersiap Menuju Istana
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here