Oleh: Muh Khoirudin

Memelihara ayam sudah menjadi hal yang umum dilingkungan pedesaan. Jenis ayam yang dipelihara pun bermacam-macam. Salah satunya adalah ayam bangkok, jenis ayam ini banyak dipelihara oleh para penghobi sabung ayam. Postur tubuh yang besar dan kekar membuat ayam bangkok layak dijadikan sebagai ayam aduan. Ada juga ayam lehor, memelihara ayam ini acap kali dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai uang berlebih, mengingat banyaknya modal yang harus dikeluarkan untuk biaya tetek bengeknya. Pemeliharaan dalam jumlah banyak menjadikan peluang usaha bagi perorangan atau sekelompok orang untuk membisniskan ayam ini.

Selain ayam bangkok dan lehor, ayam kampung masih menjadi pilihan utama untuk dipelihara di lingkungan pedesaan. Daging ayam kampung menjadi pilihan nomor satu bagi penikmat kuliner di lesehan atau di rumah makan karena selain kelezatannya, daging ayam ini juga anti obat-obatan atau bahan kimia.

Baca Juga  PKL Car Free Day Perlu Ditertibkan

Kali ini saya tidak akan membicarakan panjang lebar tentang ayam-ayam yang sudah saya sampikan di atas. Langsung saja ke topik unik kali ini. Bukan menjadi hal yang biasa bukan jika anda melihat ayam yang jumlah jari kakinya lima? Keberadaan ayam ini saya jumpai di perkampungan tempat tinggal saya sendiri, yaitu Desa Popongan Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo. Ibu Siti Jazariyah, itulah nama lengkap pemilik ayam berjari kaki lima ini. Beliau mengatakan sempat terkejut ketika pertama kali melihat jari kaki ayam yang dipeliharanya. Ia juga sudah lupa asal-muasal ayam itu bisa dipeliharanya.

Tidak lepas dari keunikan ayam tersebut, Ibu Siti juga mengungkapkan bahwa ayamnya yang berjari kaki lima itu mempunyai kasiat. Beliau bercerita, ketika wabah penyakit ayam menyebar di desanya banyak ayam-ayam tetangganya yang mati bahkan sampai habis tidak ada yang tersisa, berbeda dengan ayam peliharaanya yang tetap sehat tak satu pun ada yang sakit atau mati. “Saya juga sempat heran Mas, mungkin ayam saya yang mempunyai jari kaki lima ini menjadi perantara Allah untuk menjaga ayam peliharaan saya” imbuhnya.

Baca Juga  The Importance of Hairstyles in Fashion

kaki ayam

Keanehan lagi yang saya dengar dari ibu Siti, hanya ayam-ayam betina saja yang mempunyai jari kaki lima. “Sejak saya memelihara ayam nyleneh ini, secara turun menurun hanya ayam betina saja yang mempunyai jari kaki lima” tuturnya. Memang benar saya lihat pada hari Senin lalu (26/10) dari sekian banyaknya ayam yang ibu Siti pelihara, hanya ada dua ekor ayam betina saja yang mempunyai jari kaki lima. Selain itu, hanya sebelah kaki ayam saja yang mempunyai jari lima tidak pada dua kakinya. Ya inilah salah satu tanda Kekuasaan Tuhan, ucap saya dalam hati.

Comments

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here