KPSI Apresiasi Pelayanan RSUD Arjawinangun

0
356

Reviensmedia.com, Cirebon – Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun 2015 yang mengambil tema “Dignity in Mental Health” diperingati oleh Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) melalui berbagai kegiatan. Dimulai dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada 23 Mei 2015, Media Workshop yang mengambil topik utama hasil FGD pada September lalu dan diakhiri dengan kunjungan KPSI ke RSUD Arjawinangun, Cirebon pada Rabu (4/11/2015).

Bagus Utomo Ketua KPSI mengungkapkan bahwa kunjungannya ke RSUD Arjawinangun bertujuan untuk memberi apresiasi atas upaya dan komitmen RSUD Arjawinangun dalam memberikan pelayanan dan perawatan kepada pasien gangguan kesehatan skizofrenia (ODS) di sekitar kabupaten Cirebon dengan baik.

Baca Juga  Inovasi untuk Menghadapi Pasar Global

“Kami harapkan apa yang dilakukan oleh RSUD Arjawinangun bisa menjadi contoh bagi pusat pelayanan kesehatan lainnya di Indonesia untuk bisa memberikan pelayanan dan perawatan kepada para pasien gangguan kesehatan mental khususnya ODS dengan lebih bermartabat,” tutur Bagus.

Bentuk komitmen lain dari rumah sakit RSUD Arjawinangun terhadap layanan kesehatan jiwa adalah adanya program khusus yang disebut sebagai “Relaps Prevention Center (RPC) atau Program Cegah Kambuh Pasien”. Salah satu bentuk aktivitas dari program RPC yang telah dijalankan adalah family gathering, yang memberikan edukasi kepada para pasien sekaligus keluarga pasien.

Baca Juga  Gunung Rinjani Meletus Aktivitas Bandara NGURAH RAI Ditutup Sementara

Dalam kesempatan yang sama, Eri Achmad menuturkan bahwa dalam Program Cegah Kambuh pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. “Saat ini, kami melibatkan petugas pelayanan primer di wilayah cakupan agar terjalin integrasi pelayanan PPK I dengan PPK II (Rujuk Atas atau Rujuk Balik). Selain itu, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan komponen masyarakat terkait seperti Kepala Desa dan LSM serta instansi terkait yang setara”.

Baca Juga  Gelar Baca 2015, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Bagus Utomo berharap, ke depan akan lebih banyak lagi institusi kesehatan seperti RSUD Arjawinangun yang dapat memberikan layanan dan perawatan kesehatan bagi parapasien gangguan jiwa, termasuk ODS dengan lebih bermartabat. Sehingga nantinya, tingkat kekambuhan pasien ODS bisa ditekan ke titik terendah dan mereka bisa menjalani hidup yang lebih produktif di tengah masyarakat. (Muh)

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaDPU Data Kondisi Jalan Untuk RPJM
Berita berikutnyaInilah Sang Pahlawan
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here