Musim Hujan, Burung Blekok Berdatangan

0
221
Burung blekok mulai berdatangan di sawah (Reviensmedia.com/Jml)

Reviensmedia.com, Kebumen – Ratusan burung Kunthul atau Blekok terlihat sedang mencari mangsa di area persawahan yang sedang diolah untuk masa tanam padi di desa Kalibagor,Kebumen. Sabtu(21/11/2015). Perilaku hewan yang setiap tahun terjadi ini menandakan bahwa musim hujan telah tiba yang dalam pranata jawa jatuh pada mangsa Kanem.

Dalam pranata mangsa jawa atau penanggalan yang dikaitkan dengan usaha pertanian, sekarang masuk mangsa Kanem yaitu masa petani menanam benih padi. “sekarang sudah masuk masa penanaman benih, ini sebenarnya juga sudah telat, cuacanya sekarang sudah ngga pasti jadi kadang mangsa menggunakan pranata ga mesti pas mas” ujar Kamari menerangkan.

Burung Blekok memiliki fungsi penting dalam hubungan antar makhluk hidup di sekitarnya, salah satunya adalah sebagai pemangsa hama pertanian. Populasi Burung Blekok sekarang sudah banyak berkurang sehingga sangat sulit dijumpai. Di desa-desa sekarang banyak sekali pemburu yang menembaki burung Blekok untuk dijadikan santapan, padahal burung ini mendapatkan perlindungan dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Petani sangat berharap agar masyarakat tidak memburu dan terus menjaga burung Blekok ini agar ekosistemnya tetap terjaga dan kehidupan alam tetap seimbang. (Jml)

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaKodim 0708 Permahir Kemampuan Menembak
Berita berikutnyaKatanya Raja
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here