Lubang Sewu, Objek Wisata Menawan di Sisi Waduk Wadaslintang

0
832

Oleh: Qosim Jamaludin

Wonosobo – Beberapa waktu ini banyak sekali foto temanku di facebook maupun di DP BBM sedang berada berdiri di tempat yang cukup menawan yaitu di bebatuan besar yang berlubang dan bergurat-gurat seperti terkena kikisan air dalam kurun waktu yang cukup lama. Awan bergumpal menjadi background indah menjadikan suasana terasa mengesankan. Semua itu cukup membuat penasaran dan bertaya-tanya di manakah itu??

image

Rasa penasaranku sedikit terjawab ketika salah satu temanku memasang DP BBM di lokasi tersebut dan menuliskan status “My Trip @LubangSewu @wonosobo”. Tanpa menunggu, saya langsung searching tentang objek wisata tersebut di internet, dan akhirnya rasa penasaranku sedikit terjawab. Objek wisata tersebut adalah objek wisata Lubang Sewu yang terletak di dusun Juru Tengah, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo.

 

Setelah mengumpulkan informasi lengkap tentang objek wisata Lubang Sewu, awal pekan ini saya mengunjungi lokasi objek wisata ini. Tidak terlalu sulit untuk menemukan Lokasi objek wisata ini karena berada di pinggir jalan utama Wadaslintang dan di pintu masuknya juga ada plang bertuliskan “PINTU MASUK OBJEK WISATA LUBANG SEWU”. Tiket masuk objek wisata ini cukup murah, hanya Rp.4000 untuk satu pengunjung. Setelah melewati pintu masuk, perjalanan dilanjutkan dengan terus mengikuti jalan setapak yang akan mengarah langsung ke objek wisata Lubang Sewu. Objek wisata Lubang Sewu bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun harus berhati-hati karena jalan setapak menuju lokasi tidak terlalu besar.

image

Objek wisata lubang sewu memang belum setenar waduk Wadaslintangnya, ini karena obwis Lubang Sewu baru dibuka tahun lalu dan mulai ramai pun baru sekitar 4 bulanan. Meskipun baru, banyak masyarakat dari luar Wonosobo datang berkunjung, mereka mengetahui objek wisata Lubang Sewu melalui sosial media. Selain itu objek wisata Lubang Sewu termasuk objek wisata musiman karena pada saat ketinggian air di waduk Waaslintang tinggi bebatuan yang menjadi tujuan utama objek wisata Lubang sewu ini terendam air. Biasanya objek wisata ini akan mulai nampak babatuannya sekitar bulan Juli dan akan kembali tenggelam sekitar bulan Desember.

Baca Juga  Peninggalan Sejarah yang Ternoda

Tiba di lokasi, saya langsung menuju bebatuan yang sudah membuat saya penasaran. Bebatuan wadas tinggi berdiri gagah menjulang berbaris rapi mencipta pesona dan tampak akur bersanding dengan alunan air Waduk Wadaslintang. Hawa yang panas tidak membuat suasana menggembirakan berkurang. Beberapa petugas sedang berjaga dan lainnya sedang membereskan perahu yang sedang bersandar di tepi waduk. Menikmati objek wisata ini bisa dengan berjalan lewat pinggir dan berjalan di cela-cela bebatuan. Barisan batu yang menjadi tujuan utama yang memiliki keindahan lebih diberi nama Watu Lawang. Watu lawang ini berada di ujung objek wisata yang berada tepat di pinggir waduk Wadaslintang. Menikmati pesona objek wisata ini harus ekstra hati agar hal yang tidak diinginkan terjadi karena struktur tanah dan batu wadas yang tidak terlalu kuat.

image

Objek wisata Lubang Sewu ini banyak dikunjungi masyarakat meskipun bukan pada hari libur. Pada hari-hari biasa, pengunjung sekitar 100an, namun pada saat liburan pengunjung bisa mencapai lebih dari 600an. Saran saya jika benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Lubang Sewu jangan datang pada saat hari libur karena objek wisata ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang mayoritas remaja. Selain menawarkan kecantikan pesona paduan batu wadas dan tebing waduk, objek wisata ini juga menawarkan keseruan menaiki perahut kecil untuk berkeliling mengitari bagian waduk Wadaslintang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati wahana ini juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Baca Juga  Fenomena Puncak Widosari

image

Objek wisata Lubang Sewu ini dikelola oleh Pokdarwis Lubang Sewu (Kelompok Sadar Wisata Lubang Sewu). Pembangunan awal objek wisata Lubang Sewu ini diambil dari swadaya masyarakat sekitar objek wisata. Salah seorang anggota pokdarwis berharap segera dilaksanakannya penataan bagi warung-warung yang saat ini terlihat tidak teratur dan yang paling diharapkan adalah objek wisata Lubang Sewu ini bisa menjadi objek wisata yang tidak hanya musim tertentu tapi tiap waktu bisa menjadi alternatif pilihan wisata bagi masyarakat umum dan semua ini jelas membutuhkan peran pemerintah agar harapan mereka terwujud.

 

Catatan: Menuju lokasi Objek Wisata Lubang Sewu, dari pertigaan Prembun ke utara terus sampai pertigaan Waduk Wadaslintang, di pertigaan ini pilih arah kanan (arah Wonosobo kota) terus saja sekitar 15 menit, jika sudah masuk di Desa Erorejo, perhatikan kiri jalan, akan ada plang objek wisata ini.

 

 

 

INGIN KARYA MU DITAMPILKAN DI REVIENSMEDIA.COM?

KIRIMI KARYAMU KE REVIENSMEDIA@GMAIL.COM

INFO SELENGKAPNYA:
http://reviensmedia.com/kontribusi/

 

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here