Geblek : Makanan Berbentuk Tripel Lingkaran Asli Purworejo

0
464

Oleh : Zidna Hidayat

Aku kuliah di Yogyakarta, jika aku pulang ke Purworejo saat libur kuliah, sering sore-sore aku mencari makanan ringan yang bisa jadi cemilan. Makanan yang aku cari biasanya geblek yang ada di dekat rumah. Geblek (baca géblék) adalah makanan yang bisa dikatakan gorengan ini warnanya putih berbentuk tripel lingkaran, cukup kenyal dan gurih. Ya, itulah geblek Purworejo. Kerabat reviens yang asli Purworejo pasti sudah tahu makanan ini, tetapi bagi kerabat reviens yang bukan dari Purworejo, atau pun yang tidak sedang berada di Purworejo kemungkinan sulit menemukan makanan ini. Makanan berbahan dasar ketela ini cukup enak lho dinikmati apalagi dikala sore hari menjelang malam. Geblek sangat enak dimakan dengan saus sambal atau dengan sambal kacang.

Bagi masyarakat Purworejo sendiri, ada beberapa penamaan sendiri terkait makanan tersebut. Seperti masyarakat di Kecamatan Bayan dan sekitarnya menyebut makanan ini dengan nama binggel, kemudian masyarakat kecamatan Pituruh, Butuh, dan sekitarnya menyebutnya dengan nama gembus (namanya gembus walaupun bukan berbahan dasar tempe gembus). Ya itulah, jangankan tiap daerah, baru sampai kecamatan saja namanya sudah ada perbedaan nama. Di Kecamatan Kaliboto malah ada geblek dengan ciri khas tersendiri, yaitu “Geblek kaliboto”. Perbedaan geblek kaliboto dengan geblek biasa adalah kalau geblek kaliboto itu ditambahkan dengan potongan-potongan kecil krambil (kelapa) sehingga tampak bertutul, sedangkan geblek biasa halus putih tanpa tutul. Di sekitar Purwodadi geblek lebih dikenal dengan nama gelangan., tetapi semua itu yang terpenting adalah makanan ini mudah ditemui di Kabupaten Purworejo.

Baca Juga  Alun-alun Tempat Paling Romantis di Purworejo

Sering sekali aku melihat orang-orang yang membeli oleh-oleh berupa geblek yang masih mentah. Geblek mentah dapat bertahan sampai satu mingguan jika ditaruh di lemari pendingin. Tetapi, tidak semua orang dapat menggoreng dengan tepat. Jika terlalu banyak minyak untuk menggoreng, geblek akan “jebluk” dan minyak akan muncrat kemana-mana. Kalau minyak untuk menggoreng terlalu panas geblek akan cepat gosong dan “jebluk”. Agar terhindar dari hal ini, lebih baik minyak yang dipakai tidak terlalu banyak dan tidak terlalu panas.

Baca Juga  Angsa Emas dan Tugu Belanda (Purworejo)

Geblek mudah sekali ditemui hampir disetiap penjual gorengan di wilayah mana pun di Kabupaten Purworejo. Oleh karena itu, jika ada penjual gorengan kok tidak menjual geblek, sepertinya ada yang kurang. Sampai sekarang dibeberapa tempat ada penjual geblek sebagai mata pencaharian. Biasanya penjual geblek mulai berjualan saat sore hari sampai agak malam. Tetapi, di pasar-pasar tradisional masih banyak penjual geblek, jadi jika ingin membeli geblek saat pagi kerabat reviens bisa mencari di pasar. Aku sendiri ketika di Yogyakarta muter-muter membuktikan bahwa ada gak sih diantara penjual gorengan di Yogyakarta ini yang jual geblek dan hasilnya saat ini belum menemukan, mungkin jika ada kerabat reviens yang sudah menemukan bisa share padaku.


INGIN KARYA MU DITAMPILKAN DI REVIENSMEDIA.COM? KIRIMKAN KARYAMU KE REVIENSMEDIA@GMAIL.COM

INFO SELENGKALPNYA: http://reviensmedia.com/kontribusi/

Comments

SHARE
Previous articleDI SEBRANG DESAKU GUDANG SEJARAH
Next articleBuruh Lanjutkan Aksi Demo, Tolak PP No. 78
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here