Indonesia Best IT System 2015 Diraih BNPB

0
175
Sutopo Purwo Nugroho. Foto: RMOL
Reviensmedia.com, Jakarta – Setelah melewati berbagai seleksi yang ketat dan kompetitif dalam Best e-Corp 2015 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan PW akhirnya BNPB terpilih sebagai salah satu Indonesia Best IT System 2015.

Hanya BNPB satu-satunya dari kementerian yang meraih juara lainnya dari perusahaan besar yang meraih juara seperti Tiki.com, PT Terminal Teluk Lamong, RS Pondok Indah Group, PT JAS, BPJS Kesehatan, Pandu Logistics, Eka Hospital, PT Tigaraksa Satria, PT Unilever Indonesia dan PT Sanghiang Perkasa. Penghargaan diberikan di Hotel Shangrila.

Berbeda dengan yang lainnya IT BNPB berorientasi pada penanggulangan bencana untuk menyelamatkan jiwa manusia dan mengurangi dampak bencana. Teknologi informasi (TI) kebencanaan menawarkan senjata ampuh untuk memantau kejadian bencana secara cepat.

Baca Juga  Kesetabilan Nasional Tanggung Jawab Bersama

“BNPB terus mengembangkan sistem InAWARE (Indonesia All Warning and Risk Evaluation) yang dapat memantau multi bencana secara global, memuat informasi kejadian bencana, sejarah bencana, tingkat risiko dan lainnya,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sistem ini telah dioperasikan pada 24 Juli 2015 di Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggungan Bencana. Semua daerah rawan bencana terpetakan secara detil pada semua jenis bencana di Indonesia sehingga antisipasi dilakukan dengan mudah.

Baca Juga  DPR Kecewa dengan PEMPROV SUMSEL

Selain itu sistem TI BNPB juga didukung sarana prasarana yang terintegrasi seperti data satelit, radio komunikasi, sosial media, jaringan komputer dan lainnya. Intinya penggunaan IT sangat memudahkan dalam penanggulangan bencana.

Data informasi dan komunikasi bencana merupakan satu yang penting. Tanpa didukung data dan informasi maka penanggulangan bencana tidak akan berhasil. Data dan informasi yang cepat dan akurat selanjutnya digunakan dalam pengambilan keputusan. Juga didesiminasikan kepala masyarakat dan media secara cepat.

“Penghargaan ini adalah wujud dari kerja keras, kreativitas, dan inovasi untuk melindungi masyarakat dari bencana,” imbuh Sutopo. (Ika)

Comments

SHARE
Previous articleSapa Rupa dan Gemilang Seni di Purworejo
Next articleSajak Rasa
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here