Sapa Rupa dan Gemilang Seni di Purworejo

0
515

Reviensmedia.com, Purworejo – Hari ini tepat hari ke 3 saat saya mengunjungi sebuah pameran lukis bertajuk “Sapa Rupa” dari persembahan Komite Rupa DKP Purworejo. Sudah bagus fasilitas yang tersedia oleh gedung kesenian Purworejo.

image

 

Tepat saat itu, sore mati lampu jadi para panitia berkumpul dan berdiskusi ringan di lobby sebelah Gedung.

“Ingat, perhelatan ini bukan akhir dari segalanya. Progresifitas, jejaring dan eksistensi harus penting. Dan kolaborasi wajib hukumnya bagi pelukis khususnya di Purworejo!” tegas Prapto Effendi sebagai ketua pameran ini sekaligus sebagai ketua komite rupa di dewan kesenian Purworejo.

Kota Pensiun ini telah juga menunjukkan eksistensinya, semenjak dari zaman pra-kemerdekaannya dari sang maestro peranakan Jan Toorop sampai di Orde Lama tepatnya para kreator, pelukis alumni SIM atau Seniman Muda Indonesia bimbingan S Sudjojono.

Dari Purworejo tercatat ada nama Harijadi, dan Sudarmi DS. Dimana keduanya sebagai pelukis kesayangan Bung Karno dan menunjukkan kualitas nya.

Sama, hari itu Gedung Kesenian menjadi saksi, di mana 13 pelukis menampilkan 50an lukisan ada wajah belia lagi mempunyai sejuta talenta seperti Umar Faruq, Shidqi dll. Ditopang oleh beberapa pelukis yang sudah mewarnai jagad rupa di Purworejo, Jogja dan sekitarnya seperti Prapto Efendi, Bramantyo, Jambul Suprihatin, K Subagyo, Jati Wegig dll. Gloria, kegemilangan seni budaya di tanah bhumi Bagelen ini harus dibangkitkan.

image

Terlepas dari situasi, kelesuan dan kurang gregetnya laju pembangunan di kota tercinta ini. Karena, daerah ini punya sejuta potensi, SDM pinunggul di bidang seni budaya, seperti yang termaktub di Museum Hidayat, Magelang dimana Empunya adalah asli Purworejo, belum lagi ada generasi setelahnya seperti Agus Suwage, Hanafie, Iswanto Hart dan puluhan lainnya.(ilhan erda)
Photo: FB Prapto Effendi & Pribadi


 

INGIN KARYA MU DITAMPILKAN DI REVIENSMEDIA.COM? KIRIMKAN KARYAMU KE REVIENSMEDIA@GMAIL.COM

INFO SELENGKAPNYA:
http://reviensmedia.com/kontribusi/

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here