Kesbangpol, Suguhkan Tarian Tradisional di Car Free Day

0
236
Kesenian daerah di Cfd Purworejo (Reviensmedia.com/Anggi)

Reviensmedia.com, Purworejo –  Car Free Day yang menjadi kegiatan rutin hari Minggu pagi merupakan pusat kegiatan dan aktivitas masyarakat Purworejo. Selain menjadi sarana untuk tempat berolah raga, CFD juga menjadi wadah untuk berwisata kuliner, panggung hiburan, juga berbagai event lainnya.

Minggu (29/11), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purworejo bekerja sama dengan SMK TKM Taman Siswa Purworejo menggelar pertunjukan kesenian di tengah-tengah masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di CFD. Tema yang diusung adalah Peningkatan Wawasan Kebangsaan Melalui Apresiasi Seni. Melalui tema tersebut dapat diketahui bahwa tujuan dari acara ini adalah meningkatkan wawasan kebangsaan dengan cara mengapresiasi seni khususnya kesenian-kesenian yang ada di Purworejo.

Baca Juga  NU Backpacker: Muda, Religius, dan Berpetualang

Kesenian yang di tampilkan dalam pertunjukan ini meliputi kesenian tari tradisional asli Purworejo diantaranya kesenian tari Dolalak dan Jaran Kepang yang merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMK TKM Taman Siswa Purworejo. Selain menampilkan Dolalak dan Jaran Kepang, juga ditampilkan tari kreasi hasil dari kreatifitas siswa dan pembina (Retno) yang disebut Tari Pencakan. Tari ini merupakan perpaduan antara tari dolalak dan jaran kepang yang dikemas dengan kostum yang menarik dan sedikit drama didalamnya.

Baca Juga  SIM Online Resmi Diluncurkan

“Melalui ekskul kesenian ini, diharapkan kesenian dolalak dan jaran kepang yang dulu pernah eksis di masanya bisa terus eksis di masa kini” ungkap Widayanto yang menjadi MC dalam acara tersebut. Antusiasme warga pada acara ini cukup tinggi, terbukti dari banyaknya warga yang menonton baik dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. (Anggi)

Comments

SHARE
Previous articlePerjalanan Menantang Menuju Ujung Waduk Wadaslintang
Next articleToyota Jambore 2015
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here