Duplikat Sunrise Sikunir Ada di Sini!

2
315
Momen matahari terbit

REVIENSMEDIA.COM – Mungkin tempat ini belum seterkenal si kunir, yang sudah banyak didatangi pelancong untuk melihat sunrisenya. Tapi jangan salah, di sini sunrisenya tidak kalah bagus dari si Kunir bahkan mungkin menurut saya lebih indah. Pokoknya buat yang belum pernah ke sini nyesel deh. Kalau di Sembungan terkenal dengan nama Golden Sunrise si Kunir, di sini terkenal juga dengan nama Golden Sunrise Suroloyo.

Anak tangga menuju puncak
Anak tangga menuju puncak

Suroloyo adalah sebuah bukit batu yang tinggi menjulang menyerupai sebuah menara. Ketinggiannya kurang lebih mencapai 2000 mdpl. Untuk dapat naik ke puncak tidaklah sulit karena pengelola sudah menyediakan anak tangga. Oh iya anak tangga di Suroloyo ini bisa berubah lho jumlahnya, kalo dihitung. Misalnya kita naik berjumlah 286 anak tangga, saat turun nanti jumlahnya akan berbeda yaitu berselisih satu angka jadi 285 anak tangga. Entah bagaimana itu bisa terjadi, saya juga tidak tahu. Saya sudah pernah mencobanya, mungkin kalian tidak percaya? Jika begitu silahkan datang kesana dan mencoba hehehe.

Baca Juga  Taman Sidandang, Pacu Adrenalin dan Memanjakan Mata

Kembali ke Golden Sunrise Suroloyo, puncak Suroloyo ini berada di kabupaten Kulon Progo, tepatnya di dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh. Untuk dapat ke sana, jika dari kota Purworejo ambil jalan ke arah Magelang, terus di pertigaan Tumbak Anyar belok kanan munuju Banyuasin, kemudian langsung ambil jalan ke Samigaluh, sampai di Pasar Totokgan, belok kiri. Untuk dapat ke sana dihimbaukan berhati-hati karena akan melewati jalan yang sempit, tanjakan yang berkelok kelok dan jurang yang dalam. Sunrise di tempat ini layak untuk diburu, buat pecinta moment matahari terbit wajib datang ke sini. Soalnya tidak akan nyesel, saya jamin deh. Nih foto-fotonya.

Baca Juga  Sintang, Pesona Alam di Pelosok Kalimantan

IMG_2332

IMG_2331

IMG_2322

Di puncak Suroloyo ini kita bisa melihat empat gunung sekaligus, yaitu merapi, sumbing, sindoro dan merbabu. Menariknya lagi kita bisa melihat Candi Borobudur dari tempat ini, pantai glagah, dan seluruh kota Jogja, bahkan kota Magelang pun juga terlihat. Tapi ada saratnya ketika cuaca sedang cerah dan tidak berkabung.

Comments

SHARE
Previous article#SAVEPMI
Next articleKabau Sirah VS Naga Mekes
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

2 COMMENTS

  1. Mohon maaf Mas, mau bertanya. Total waktu perjalanan kalau dari Tumbak Anyar – Suroloyo berapa menit ya? kebetulan rumah saudara saya ada di Kemejing, Loano. Dekat kalau dg Tumbak anyar. kebetulan sekolah saya mau ngadakan acara di Suroloyo juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here