Kegigihan Seorang Pemuda dalam Meraih Mimpi

0
278
Foto bersama Lukman

REVIENSMEDIA.COM – Jumat (12/02/2016) adalah hari yang berkah dan bersejarah bagi pribadi karena hari itu adalah hari dimana ditemukan dengan seorang anak muda yang penuh semangat. Anak muda tersebut bernama Lukman usianya kurang lebih 12 tahun, sekarang duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar. Pembawaanya yang tenang, penuh semangat dan senyum yang senantiasa mengalir dalam dirinya membuat diri penasaran untuk mengenalnya lebih jauh. Sapaan salam saya berikan padanya dengan posisi masih sibuk dengan aktivitas dagangnya. Salam balik Ia sampaikan pada saya “waalaikumussalam wr. wb.“ disertai senyum manisnya. Saya penasaran dengan dagangannya, saya lihat ternyata Ia berdagang permen yang dicampur dengan coklat dan misis series. Harga satu permen Ia jual dengan harga Rp1.000,00 perasaan puas Ia rasakan saat banyak pembeli menghampirinya. Akhirnya saya penasaran untuk membelinya. Tujuh permen saya beli dan saya bagi keanak-anak di sekitar saya bertemu dengan Lukman. Wajah senang dan syukur kembali terucap oleh Lukman dengan dagangan yang hampir habis.

Lukman adalah seorang anak yang kuat secara mental, hal tersebut terbukti dengan dirinya yang mampu menjadi pedagang cilik. Ia duduk di kelas 6 SDN Karanganyar, setiap hari Ia berjualan keliling kompleks Mangga Dua Selatan RW per RW Ia lewati. Jualan ia lakukan pagi hari. Berbekal kotak yang digantungkan dilehernya Ia keliling menjajankan permen jualannya. Teriakan permen-permen membuat ciri khas seorang Lukman. Kalau dilihat lebih dalam bahwa jualan permen tersebut tidak seberapa keuntungannya. Tetai perjuangan, sikap semngat, kegigihan dan kerja keras untuk membantu orang tua itu yang luar biasa. Kemandirian pada dirinya tentu sudah melekat dan menjadi karakter yang Ia miliki. Kebiasaan ini tentu berat untuk dilakukan oleh kebanyakan anak-anak seusianya.

Baca Juga  Syarifah Jannatin Aliyah: Selalu Menginspirasi di Berbagai Bidang

Aktivitas siang hari seorang Lukman adalah belajar menuntut ilmu di sekolah dasar Karanganyar.
Sebentar lagi Lukman akan menghadapi Ujian Nasional dan akan segera berganti ke jenjang Sekolah Menengah Pertama. Cita-citanya yang tinggi menjadikan dirinya untuk belajar dan bekerja keras untuk bisa tetap melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. Cita-cita Lukman adalah ingin menjadi polisi semoga hal tersebut dapat terwujud. Cita-citanya yang mulia tersebut menambah semangatnya dalam bekerja dan belajar. Haru rasanya menemukan anak yang bisa menjadikan dirinya mandiri dalam kegigihannya menjadi pengusaha kecil yang dapat membantu orang tuanya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Semoga kita senantiasa mencontoh kegigihan seorang Lukman dan menjadikan kemandirian dalam diri kita bahwa kemandirian akan dimiliki oleh siapa saja yang mengusahakannya. Kegigihan kunci utama dalam mencapai semua cita-cita yang diinginkan. Kemuliaan hati seorang anak usia 12 tahun menyentuh banyak orang yang ada di sekitarnya.

Baca Juga  Chrisye: Suara Sutra Dari Pegangsaan (Memory of Chrisye)

Semangat berjuang Lukman, temukan jati dirimu dan tetaplah jadi inspirasi kita semua. Raihlah cita-citamu berikan kebebasan dan jalan hidupmu dengan jalan-jalan yang benar tentunya. Yakin bahwa Allah maha penolong dan engkau akan menjadi bagian dari pemimpin masa depan yang cemerlang nantinya. Kami tunggu di tangga kesuksesan Lukman. Dan mudah-mudahan kisah Lukman ini akan membuat inspirasi anak-anak seusia Lukman. Dan akan lahir juga Lukman-Lukman yang baru yang penuh semangat dan cita-cita yang tinggi. Kejarlah mimpimu dan raihlah dengan jalanmu semoga Allah menolongmu. Berlari dengan tertatih lebih berarti daripada berlari tanpa arah dan tujuan. Semangat mengejar impian dengan jalanmu yang penuh arah dan tujuan.

Penulis: Arby’in Pratiwi (Guru Konsultan Sekolah Literasi Indonesia)

Comments

SHARE
Previous articleKemerosotan Moral
Next articleMerubah Pola Pikir Untuk Hidup Sukses
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here