Oleh: Yan Budi Nugroho

PURWOREJO – Gunung ijo, ya itu namanya. Tempat wisata potensial yang belom terjamah oleh para wisatawan, mulai dari luar kota maupun dari dalam kota. Bahkan orang-orang Purworejo sendiri pun juga tidak tau.

Mungkin kata Gunung Ijo itu masih asing di telinga kita, karena memang namanya belum seterkenal Kalibiru dan Puncak Suroloyo. Eiiits…. tapi jangan salah, Gunung Ijo ini bisa dibilang lebih bagus dari mereka berdua, sebab tempatnya lebih tinggi. Kalian tidak percaya? silahkan datang ke sana. Gunung Ijo terletak di desa Durensari, kecamatan Bagelen, kabupaten Purworejo. Tempat ini masuk kawasan pegunungan menoreh, yaitu pegunungan yang terkenal dengan keindahan pemandangannya dan keasrian alamnya.

Keindahan dari atas Gunung Ijo
Keindahan dari atas Gunung Ijo

Pegunungan menoreh sendiri merupakan kumpulan dari banyak gugusan perbukitan yang areanya di penuhi dengan dataran tinggi, lembah, dan jurang. Dengan hamparan hijau pepohonannya bagaikan permadani yang digelar sangat luas. Membuat mata kita ingin berlama-lama berada di sana. Di puncak Gunung Ijo mata kita siap untuk memandang ke segala arah, dan kalian semua akan sadar betapa kecilnya kita. Bayangkan bila kita melihat ke arah selatan, kita akan melihat laut selatan yang luas dengan deburan ombaknya yang tinggi. Ketika menengok ke arah utara kita akan melihat hamparan perbukitan terjal yang banyak di tumbuhi pohon cemara. Saat melihat ke arah timur Waduk Sermo yang ada di Kulono Progo, Yogyakarta seakan melambai – lambai sebab terlihat sangat jelas, bahkan perahu-perahu wisata juga pun akan terlihat bila sedang berjalan mengelilingi waduk. Dan bila nanti kalian berbalik arah ke arah barat, kalian akan melihat pusat kota Purworejo. Dan yang paling menarik adalah di puncak si Gunung Ijo ini, kita akan melihat pesawat terbang yang lalu lalang, sekan pesawat itu sedang balapan.

Baca Juga  Lubang Sewu, Objek Wisata Menawan di Sisi Waduk Wadaslintang
Nampak perbukitan yang indah di wilayah Purworejo dan Yogyakarta
Nampak perbukitan yang indah di wilayah Purworejo dan Yogyakarta

Di sini spot untuk melihat matahari terbit maupun tenggelam. Menurut saya adalah spot terbaik di Purworejo. Dengan latar pegunungan dan waduk sunrisenya akan memantul bagaikan matahari menjadi dua. Sedangkan sunsetnya, matahari tenggelam terlihat seperti ditelan lautan. Sebab mata kita melihat dari ketinggian. Bayangkan guys, itu semua. Cukup membuat penasaran bukan? Mungkin Allah berbaik hati, sehingga menjatuhkan secuil tanah surga di Purworejo, yaitu berupa Gunung Ijo.

Jika kalian ingin datang ke tempat ini, cukup mudah kok. Akses jalannya cukup bagus, sudah bisa dilalui kendaraan roda empat, tapi disarankan menggunakan roda dua saja. Dihimbaukan supaya hati-hati, jalannya yang berkelok-kelok dan sedikit berlubang, serta tanjakan yang lumayan tinggi. Tapi saya rasa tidak akan menyurutkan niat untuk datang ke Gunung Ijo, jika kalian pecinta alam.

Baca Juga  TERAS CIHAMPELAS, TEMPAT NONGKRONG ASIK DI KOTA BANDUNG

5

Perjalanan dari pusat kota Purworejo hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam hingga sampai puncak gunung ijo. Dari alun-alun Purworejo ambil jalan ke arah Jogja, sebelum sampai pasar Krendetan tepatnya di SD Krendetan atau orang suka menyebut dengan SD kuning ambil arah kiri langsung pilih jalan ke desa Durensari. Dari krendetan akan melewati desa Hargorojo baru masuk Durensari. Nah dari situ mata kita akan mulai dimanjakan dengan pemandangan indah dan hawa sejuk. Apalagi jika kita sudah memasuki desa Hargorojo, kalian akan dibuat takjub. Desa yang terkenal dengan penghasil emas, dan salah satu desa penghasil gula semut ini benar-benar akan menyihir mata kita. Jalan yang menajak berliku berada di pinggir tebing, dan di bawah mengalir sungai kecil berbatu cadas merah yang airnya sangat bening dan jernih, itu semua akan menjadi teman perjalanan di Hargorojo menuju Gunung Ijo. Sedangkan dari tempat kita parkir sampai ke puncak hanya membutuhkan waktu 20 menit. Tergantung langkah kaki kalian. Tulisan ini dibuat dengan tujuan pemerintah kabupaten Purworejo untuk lebih peduli dengan bidang pariwisata, yang saya rasa tertinggal jauh dari kabupaten tetangga.

Ini dia Video “Sahabat PetualangREVIENSMEDIA TV” mengeksplore keindahan alam Gunung Ijo =

Comments

SHARE
Previous articleSekolah Urban Sekolah Literasi Indonesia
Next articleSAHABAT PETUALANG: Surga Di Gunung Ijo
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

6 COMMENTS

  1. wow juga ya kalo dilihat dalam foto, tapi tolong dong diceritakan juga akses kesananya, berapa jauh dari jalan umum terdekat, fasilitas umun yg sudah tersedia, jika pengunjung luar kota kemalaman bisa cari hotel jauh apa gak, jika darurat kecelakaan cedera berapa jauh dari fasilitas kesehatan, rumah makan ada gak di lokasi, sekaligus cantumkan koordinat peta Google agak memudahkan calon pengunjung yg pengen datang.

    • Keadaan aslinya lebih bagus dari itu, itu terhitung cuacanya kurang mendukung. Seandainya cuaca cerah, waaah aku gak bisa ngambarin susananya dengan kata – kata. Untuk kesana dari jalan besar sampai di lokasi kurang lebih 45 menitan an lah. Akses jalannya sudah beraspal, cuma tidak sebaik jalan raya. Kalo fasilitas masih dalam pembangunan, soalnya wacana tahun 2017. Sedangkan tahun ini fokus untuk pembangunan jalan menuju ke sana. untuk pengunjung luar kota bisa menginap di hotel di kota purworejo. Banyak hotel di sini, tenang aja. Untuk rumah sakitnya paling dekat PKU muhamadiyah yang ada di jalan raya purworejo – jogja, dari lokasi pling 45 menitan lah pling lama. Untuk rumah makan banyak di sepanjang jalan purworejo – jogja. Yang terkenal di situ RM rejeki. Jangan takut kesini, warga di sini ramah – ramah. Dan di krendetan gak jauh dari pertigaan menuju lokasi ada bakso yang sangat terkenal..

  2. […] Mungkin kata Gunung Ijo itu masih asing di telinga kita, karena memang namanya belum seterkenal Kalibiru dan Puncak Suroloyo. Eiiits…. tapi jangan salah, Gunung Ijo ini bisa dibilang lebih bagus dari mereka berdua, sebab tempatnya lebih tinggi. Kalian tidak percaya? silahkan datang ke sana. Gunung Ijo terletak di desa Durensari, kecamatan Bagelen, kabupaten Purworejo. Tempat ini masuk kawasan pegunungan menoreh, yaitu pegunungan yang terkenal dengan keindahan pemandangannya dan keasrian alamnya. (READ MORE) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here