Ada Apa dengan 9 Maret 2016?

0
302
Illustrasi gerhana matahari (Google)

Hari ini rabu, 9 maret 2016 adalah hari yang bersejarah bagi negeri nusantara kita ini. Bagaimana tidak, pagi hari sudah heboh dengan fenomena alam yang sangat langka dan mucul ratusan tahun sekali. Yapss..gerhana matahari. Disebagian wilayah di Indonesia ada gerhana matahari yang total atau disebut dengan GMT dan hanya terlihat berapa persen saja. Nah tidak hanya itu, Indonesia juga sebagai satu-satunya negera yang dapat melihat GMT dari daratan.

Oleh karena itu banyak wisatawan dan pengamat astronomi berbondong- bondong menyaksikan GMT di wilayah yang di lewati GMT tersebut. Tidak ketinggalan semua media masa baik cetak maupun elektronik juga menyiarkan secara live dan juga live streaming fenomena langka ini.

Perayaan Nyepi (dewimagazine.com)
Perayaan Nyepi (dewimagazine.com)

Mungkin semua orang terfokus dengan fenomena alam ini, namun tahukah jika ditanggal ini juga masih ada perayaan keagamaan? Yapss..hari ini juga bertepatan dengan hari raya nyepi. Hari rayanya umat hindu. Dikutip dari wikipedia
Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

Nah, di bali saat nyepi pasti sepi dan hampir tidak ada orang yang keluar rumah, namun buat umat islam jika ada gerhana matahari seperti ini juga ada ibadah, yaitu sholat gerhana. Oleh karena itu warga bali pun tetap menghargai ibadah agama lain. Dengan syarat dekat dengan masjid jika mau sholat di masjid dan harus jalan kaki tidak menggunakan kendaraan. “Indahnya kerukunan umat beragama di Indonesia”

Illustrasi band (Google)
Illustrasi band (Google)

Tidak hanya itu sahabat reviens, ternyata ditanggal 9 maret ini, juga bertepatan dengan hari musik nasional. Walapun demikian, masih banyak permasalahan di hari musik ini untuk para musisi Indonesia. Diantaranya, permaslahan pembajakan dvd, kaset ataupun cd karya mereka yang hingga sekarang semakin menjadi, mulai banyak tutupnya toko kaset asli, hinggal menjamurnya download musik gratis. Mah disinilah peran pemerintah harus lebih memperhatikan karya anak bangsanya sendiri dibidang musik.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here