PURWOREJO KOTA PENCIPTA LAGU INDONESIA RAYA

0
514

Oleh: Yan Budi Nugroho

PURWOREJO – Desa Sumongari kecamatan Kaligesing mengadakan tasyakuran dalam rangka peringatan hari lahir Wage Rudolf Soepratman yang merupakan pahlawan nasional asal Purworejo, beliau adalah pencipta lagu Indonesia Raya, Minggu (20/03/2016).

Wr Soepratman sendiri merupakan putra terbaik bangsa Indonesia, ia kelahiran asli Purworejo, bahkan tempat ari-arinya di kuburkan sampai saat ini masih ada letaknya tepat di depan rumah. Menurut riwayat dari saudara-saudaranya, beliau merupakan putra dari ibu Senen yang tinggal di dukuh Trembelang, desa Sumongari, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo.

image

Tasyakuran kelahiran sang pencipta lagu Indonesia Raya di pusatkan di lapangan balai desa Sumongari. Adapun acaranya antara lain napak tilas, pembagian dorprize, pementasan theater dari KTP (Komunitas Theater Purworejo) dengan judul “Pohon Kehidupan”, organ tunggal, dan tari dolalak yang menjadi ciri khas tarian tradisional dari kabupaten berirama ini.

Acara berlangsung sangat meriah, seseorang yang enggan mengucapkan namanya mengemukakan, “Tasyakuran ini sangat menghibur kami, di samping itu kami jadi lebih mengenal Wr Soepratman, sebagai pencipta lagu indonesia raya dari purworejo.

Memorial House Wr. Soepratman
Memorial House Wr. Soepratman

Dalam acara ini juga kami Sahabat Petualang melakukan napak tilas di MEMORIAL HOUSE WR SOEPRATMAN. Di tempat ini kami merasakan betapa sederhananya keluarga Wr Soepratman. Rumah replika kayu yang ada di dusun Trembelang ini menggambarkan pahitnya perjuangan pada waktu itu. Hal ini bisa dibayangkan bagaimana kehidupan pencipta lagu Indonesia Raya tersebut, seorang yang sederhana dari kota kecil Purworejo, yang memberikan seluruh hidupnya untuk perjuangan kemerdekaan.

MEMORIAL HOUSE WR SOPRATMAN sebenarnya merupakan objek wisata potensial, tapi untuk mewujudkannya sepertinya memerlukan halusnya tangan pemerintah. Kami menghimbaukan bahwa wisatawan yang datang untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini, karena kemarin banyak plastik bekas air mineral berserakan di lokasi. Itu sangat di sayangkan.

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaSudut Pandang Pendidikan Saat Ini
Berita berikutnyaBisik Kecil Aida
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here