Kuliner Tersembunyi, Rica-rica Menthok yang Menggugah Selera

1
515

PURWOREJO – Berbicara tentang makanan, memang tidak ada habisnya. Apalagi di Indonesia, banyak kuliner yang sudah bisa dipastikan sangat beragam. Mulai dari yang rasanya manis, sampai dengan pedas dan gurih. Di Purworejo ada salah satu kuliner yang identik dengan rasa pedas, apa kira kira ya? Kalian penasaran? Ayo kita cek, makanan apa itu, hehehe. Jika kalian berwisata ke Purworejo, misalnya ke Gunung Ijo, pantai Jatimalang, Benteng Pendem, Curug Siklothok, Curug Silangit, Sidandang, Goa Seplawan dan masih banyak lagi, jangan lewatkan untuk mampir ke alun-alun pada waktu malam hari. Di tempat ini, banyak pedagang berjualan. Mulai dari minuman, sampai dengan makanan.

Nah yang akan kita bahas ini adalah masakan dengan ciri khas pedas, yaitu rica – rica enthok atau menthok. Kuliner ini sangat menggugah selera, dengan bumbu rempah – rempahnya makanan ini sangat menggoda. Rica – rica enthok sendiri merupakan makanan khas Purworejo, sama seperti halnya clorot, geblek bumbu, lanting, kue lompong, dan sego penek. Untuk membuat makanan ini, disiapkan bumbu rempah – rempahnya antara lain, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk purut, daun salam, kunyit, laos, jahe, santan kelapa dan cabai yang banyak. Sedang daging menthoknya di potong kecil – kecil, istilah jawanya di cacah. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak. Setelah semua bumbu ditumis, masukkan potong – potongan daging menthok tadi ke dalam wajan, jangan lupa untuk menutupnya biar bumbu merasuk dan daging menthok empuk dengan sempurna.

Baca Juga  Ayam Pansoh, Menu Adat Suku Dayak

Untuk menambah cita rasa biasanya, ketika daging setengah matang tuangkanlah santan, kemudian tutup kembali. Tunggu sampai kuahnya mengental, lalu baru bisa dihidangkan.
Makanan ini, paling enak disajikan saat hujan turun. Di samping akan menghangatkan badan, juga sangat mengenyangkan. Apalagi disantap dengan nasi putih yang masih panas, dijamin pasti nambah makannya. Saking enaknya biasanya bisa lupa waktu.

Baca Juga  Arak-arakan: Sebuah Tradisi Khatmil Al-Qur'an

Jika kalian penasaran dengan pedasnya rica – rica entok, berkunjunglah ke Purworejo. Dijamin pasti akan balik ke Purworejo lagi untuk menikmati masakan tradisional khas kota pencipta lagu Indonesia Raya ini.

Comments

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here