Sego Bosok Makam Sembayut

0
314
Foto Oleh Perangkat Desa Kemiri

Oleh: Dewi Sutrisno

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Hari Minggu 22/5/2016, merupakan hari yang tidak biasa. Mengapa bisa demikian, hal ini dikarenakan minggu malam merupakan malam nifsu syaban sehingga pada hari minggu masyarakat Kecamatan Kemiri melaksanakan gotong royong bersih makam.

Suasana warga saat gonting royong membersihkan makam
Suasana warga saat gotong royong membersihkan makam

Pemakaman Sembayut begitulah masyarakat Kemiri menyebut tempat pemakaman umum ini. Letaknya yang di perbukitan membuat pemakaman ini tampak agak menyeramkan disebabkan ditumbuhi pohon pohon besar yang membuat tempat pemakaman nampak gelap walapun di siang hari. Kegiatan bersih makam ini dilaksanakan pukul 7 pagi, kegiatan di dominasi oleh kaum lelaki dan anak-anak yang nampak antusias melakukan pembersihan makam.

Baca Juga  Purworejo Punya Festival Bogowonto

Ada hal yang khas dalam kegiatan ini yaitu makanannya berupa “Sego bosok”. Sego bosok hanya sebutan untuk nasi yang dimasak dengan sayuran seperti pete cabe dan juga teri yang dimasak menjadi satu dengan nasi bukan dalam makna sebenarnya yaitu nasi busuk.

"Sego Bosok" hidangan dalam bersih makam
“Sego Bosok” hidangan dalam bersih makam

Nasi ini hanya ada satu tahun sekali saat diadakan bersih makam yang biasanya dilakukan hanya setahun sekali saat akan memasuki bulan ramadhan dan bertepatan saat nifsu syaban.

Baca Juga  TONGKONAN BUNTU PUNE (Toraja)

Comments

SHARE
Previous articleTONGKONAN BUNTU PUNE (Toraja)
Next articleORANG DAYAK PUNYA GAWE, NAMANYA GAWAI DAYAK
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here