ORANG DAYAK PUNYA GAWE, NAMANYA GAWAI DAYAK

0
423

REVIENSMEDIA.COM, KALIMANTAN BARAT – Rumah Radakng merupakan rumah adat Suku Dayak yang kemudian disebut-sebut sebagai rumah adat terbesar di dunia. Di Kota Pontianak, tepatnya di Jalan Sultan Abdurrahman, Kota Baru, terdapat replika dari rumah adat tersebut. Akan tetapi, kali ini kita tidak sedang berbicara mengenai Rumah Radakng, kita akan membicarakan soal “Gawai Dayak” yang kebetulan selalu diselenggarakan di Rumah Radakng tersebut. Lalu apa sih sebenarnya “Gawai Dayak” itu?

“Gawai Dayak dapat diartikan sebagai rasa bersyukur kita kepada Tuhan karena telah memberikan limpahan rizki”, kata Bapak Syafi’i salah satu staff dari Dinas Kebudayaan Kota Pontianak yang kebetulan beliau juga membuka stand dalam acara tersebut. Acara ini biasanya diselenggarakan setelah musim panen yaitu berkisar bulan Mei-Juni akan tetapi Gawai Dayak rutin diselenggarakan pada tanggal dan bulan yang sama yaitu pada tanggal 20 s/d 27 Mei setiap tahunnya dan ini menginjak tahun ke 31.

“Musim tanam yang diakhiri dengan memanen biasanya berakhir pada bulan Mei, pada bulan Mei inilah Suku Dayak menyelenggarakan acara tasyakuran atau istilahnya syukuran.” lanjut Bapak Syafi’i. Selama tanggal 20 sampai dengan 27 Mei benar-benar event bagi masyarakat Dayak yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, pasalnya sejak hari pertama pembukaan Gawai Dayak, acara tersebut dibuka dengan pawai keliling yang diikuti dengan tarian dan nyanyian Khas Suku Dayak.

Baca Juga  Navicula: Saat Semua Semakin Cepat, Bali Berani Berhenti

image

Tiap-tiap Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat menyajikan pertunjukan-pertunjukan yang unik dan atraktif mulai dari nyanyian, teriakan, tarian dan pakaian adat khas Suku Dayak dapat dilihat pada pawai pembukaannya, perwakilan dari Kabupaten Sintang, Sambas, Bengkayang, Sanggau, Putusibau tumpah ruah turun kejalan.

Antusiasme para pengunjung juga terlihat saat menyaksikan demo Upacara Adat perkawinan Suku Dayak, Minggu 22 Mei 2016, dengan Khidmat. Atribut pakaian yang sangat unik dan khas tentunya, ditambah dengan beberapa persyaratan atau sesaji yang mengelilingi kedua mempelai sambil kedua mempelai tersebut berpegangan pada tiang kayu yang uniknya lagi, sepanjang upacara tersebut kepala Suku memanjatkan doa atau rapalan berbahasa Dayak dan membawa ayam pada tangan kanannya sambil sesekali di kibaskan kearah kedua mempelai kemudian disambut dengan seruan saksi-saksi.

image

Selain itu di Aula dan juga dihalaman Rumah Radakng diselenggarakan berbagai macam lomba diantaranya lomba lagu Dayak untuk anak-anak dan dewasa, Lomba sastra lisan, Lomba Gasing, Lomba memahat dan melukis membuat manik-manik, lomba Tatto dan berbagai macam lomba-loba tradisional lainnya.

Baca Juga  Mitos atau Fakta : "Kémponan" dalam masyarakat Melayu

“Berbagai lomba dijadwalkan dari sejak pembukaan sampai dengan nanti penutupan tanggal 27 Mei, untuk tanggal 27 Mei nanti kita akan memilih pemenang Bujang Dara Gawai atau kalau orang Betawi menyebutnya Abang None, kalau kita orang Dayak sebutannya Bujang Dara,” Tutur Bapak Bakir salah satu Panitia Gawai Dayak.

image

Tak ketinggal makanan Khas masyarakat Dayak juga dijajakan disini mulai dari berbagai macam olahan Babi dan Labi-labi (Bulus), di samping itu tepat di bawah panggung Rumah Radakng juga banyak atribut dan ornament khas masyarakat Dayak yang diperdagangkan, bermacam bentuk Tas dari manik-manik, ikat tenun kepala, atribut pakaian Adat Suku Dayak, Senjata perang seperti Mandau dan perisainya tak luput dari barang-barang yang dijajakan. Pokoknya sangat seru sekali acara Gawai Dayak ini, pesta budaya tumpah ruah dalam event yang bernama Gawai Dayak.

Comments

SHARE
Previous articleSego Bosok Makam Sembayut
Next articleAku dan Tukang Tambal Ban Bijak
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Pria yang memiliki motto dalam hidup lets life flow like a water Ini lahir di semarang, 20 juni 1987. Berpendidikan SH di universitas negeri semarang. Ia pernah magang advokad pada yayasan bantuan hukum adil indonesia, dan sekarang kerja di KPP Pratama Pontianak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here