MAROS, RAMMANG-RAMMANG & PANTAI TAK BEROMBAK

0
283

Oleh: Paox Iben

 

REVIENSMEDIA.COM, MAROS – Kata orang, jika ingin mengetahui seisi kota datanglah ke ruang publik terbukanya. Seperti taman kota misalnya. Sebab disana biasanya semua orang berkumpul dan berekspresi dengan segala gaya.

Seperti malam tadi, saya nongkrong di Taman Kota Maros bersama para sahabat. Tempatnya cukup asyik, terdapat meja kursi yg disediskan para PKL mengelilingi sebuah kolam besar yang biasa disebut PTB alias Pantai Tak Berombak. Sehingga kita bisa duduk-duduk bersantai sambil menyeruput atau menikmati beraneka rupa hidangan.

image

Kebetulan teman ngobrol tadi malam juga sangat asyik. Ada sahabat saya Wawan Mattaliu, penggiat seni, penulis, penyair, yang kini menjadi anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan sehingga wawasannya sangat luas. Juga ada sahabat saya  Soode Artspedition pecinta alam sejati yang baru-baru ini dari Rinjani.

Tema obrolanpun berkembang dari persoalan gaya hidup urban, tata ruang kota hingga persoalan gunung-gunung Karst yang bertebaran di sekitar Maros dan kini semakin terancam oleh pertambangan. Karena penasaran, pagi harinya saya pun berkeliling naik perahu ke sekitar daerah Rammang-Rammang.

Baca Juga  Peninggalan Sejarah yang Ternoda

Kabupaten Maros merupakan wilayah penyangga terpenting kota Makassar, sebab menjadi pintu keluar masuk utama ke Makassar. Pelebaran kotapun mengarah ke utara, ke Maros. Sehingga perkembangan pembangunannya luar biasa cepat dan menarik banyak orang untuk berdatangan. Banyak lahan produktif yang beralih fungsi menjadi hunian atau industri & perdagangan. Begitu pula banyak wilayah serapan yang hilang sehingga ketika musim penghujan sudah pasti akan banjir terus-terusan.

image

Di sisi lain, suplay air bersih juga mulai terganggu karena aktivitas penambangan semen di gunung-gunung karst tersebut. Dalam jangka panjang jelas ini tidak bagus. Apa jadinya jika sebuah kota kekuarangan air? Tentu banyak krisis yang akan terjadi. Belum lagi fungsinya sebagai tendon atau penyimpan dan penahan air. Jika gunung-gunung karst itu rusak atau benar-benar hilang maka Makassar & sekitarnya akan tenggelam.

Lantas apakah kolam seperti Pantai Tak Berombak tersebut bisa menjadi solusi untuk penampungan?? Ah, saya jadi ingat kota kelahiran Semarang yang sudah seperti baskom bodhol itu. Selalu banjir dimusim kemarau karena rob atau air laut. Apalagi saat penghujan.

Baca Juga  Pesona Sunrise Gunung Kembang

Ramadhan adalah bulan permenungan, saat-saat terbaik untuk meditasi, taffakkur, memikirkan semesta. Sedang puasa itu juga bagian dari ibadah sosial, dimana kita juga ikut menanggung dan merasakan nasib sesama. Maka akan menjadi berkah dan maslahah jika kita juga mulai berpikir mendalam tentang kehidupan bersama yang kita jalani. Tentang ruang yang kita huni dan lingkungan sosialnya.

 

Paox Iben – Budayawan, Raider & Pecinta Kopi. Buku-bukunya sarat dengan petualangan dan keindahan alam dan semesta harmoni seperti Tambora 1815, Gadis Gurun, Medulla Sinculassis. Tidak hanya novel, riset community, solusi dan problem suku-suku se Indonesia, pemberdayaan ekonomi dan travelling dengan motor besarnya ia lakukan. Oman, Bahrain, Qatar atau negeri se Jazirah Arab sudah disambanginya dan sekarang perjalanan se Nusantara dengan mogenya ini.

Comments

SHARE
Previous articlePasar Kenteng: Jejak Perekonomian Pedesaan dari Masa Kolonial
Next articleSajak-Sajak Romantik
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here