Kopi Cap Muntu: Legenda Kopi dari Kutoarjo

1
1468
Kopi cap muntu

Oleh: Ilhan Erda

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Baru-baru ini di sebuah laman jejaring media sosial ada perbincangan hangat perihal masalah salah satu citarasa lokal khas peninggalan Kota manggis ini. Yakni sebuah kopi yang dilihat dari sisi varietas atau dominan dilihat dari kontur tanah dan demografis wilayah ialah berjenis arabica. Sangat biasa sekali, dan ini ada di sekitar perbukitan Kaligesing, atau Bruno yang berketinggian di atas 1000 Mdpl.

Kopi Cap Muntu, demikian nama kopi ini. Sebenarnya dilihat dari racikan dan bahan baku untuk menghasilkan sebuah kopi yang dikemas dalam kemasan berat 50 gram serta pembungkusnya berupa kertas-kertas tipis mirip kertas buram berwarna putih. Apabila disimpan lama, bungkusan akan terlihat kucel. Tapi konon rasa dan aroma malah bertambah nikmat.

Baca Juga  Ulujuku, Gurih-Manis-Pedasnya Makassar
Kopi cap muntu
Kopi cap muntu

Range harga disekitar 3 ribu sampai dengan 15 ribu. Bisa juga sesuai dengan minat atau penikmat kopi yang diinginkan berapa gelas takarannya.
Sangat identik dengan Pecinan Kutoarjo. Karena kopi yang melegenda semenjak tahun 1940 an ini memang populer dan disajikan di toko-toko obat Cina pada masa itu.

Kesohor disebut dengan Kopi Muntu karena konon dirilis dari berbagai sumber menggunakan muntu dan di atas cobek untuk menghaluskannya atau meratakannya.
Dan ada satu lagi yang sangat khas ialah adanya tulisan berbahasa Belanda Gede Pooner. Kopi ini selain bisa didapatkan di deretan toko-toko Pecinan Kutoarjo juga ada di beberapa agen dan penjual seputaran wilayah Jakarta dan luar Jawa. Tetapi sangat terbatas. Dan mereka juga mengambil dari Kutoarjo.

Baca Juga  Ayam Pansoh, Menu Adat Suku Dayak

Kopi yang dibuat juga asli. Didatangkan dari kebun-kebun kopi daerah Bruno, Pituruh dan Kemiri. Wajib hukumnya buat para warga Purworejo di perantauan yang sedang mudik apalagi buat bekal begadang dan kongkow bareng sahabat dan sedulur untuk menyedu Kopi legenda asli dari Kutoarjo-Purworejo yang berbasis di toko-toko Pecinan Kutarjo. Tepat di utara rumah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini.

Disarikan dari berbagai sumber.

Photo: Wahyu Hidayat

Comments

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here