Dari Puncak Paradewa Sampai Lumut Pita Di Karang Bolong

0
341

Oleh: Yan Budi Nugroho

REVIENSMEDIA.COM, YOGYAKARTA – Tidak ada yang meragukan lagi bahwa keindahan alam Indonesia itu sangat mengagumkan. Mulai dari keidahan pantainya, pemandangan bawah laut, sampai pegunungan. Gunung pun sudah bukan hal yang baru kalau alam Indonesia itu benar-benar sangat mengagumkan. Puncak paradewa di sini hanyalah hayalan saya aja, sebab puncak paradewa yang satu ini bukan di puncak gunung semeru melainkan puncak suroloyo. Dataran tinggi yang masuk wilayah Kabupaten Kulonprogo ini mempunyai sunset dan sunrise yang sangat indah, bagaimana penasaran bukan?.

Di tempat ini kita juga bisa melihat empat gunung sekaligus yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung merbabu dan Gunung Sindoro sedang untuk Gunung Slamet hanya terlihat kecil. Berikut ini fotonya.

image

Setelah dari puncak paradewa kami melanjutkan perjalanan ke pegunungan menoreh yang banyak orang mengatakan pegunungan menoreh adalah pegunungan yang dipenuhi oleh bukit-bukit terjal. Gunung ijo adalah gunung yang terletak di gugusan peggunungan menoreh. Di tempat ini kita akan merasa lebih tinggi, sebab gunung ijo memang lebih tinggi dari tempat lain di sekitarnya. Mau tau kenapa gunung ijo itu adalah tempat yang menarik? Yaah karena di tempat ini viewnya sangat keren.

Dari sebelah timur misalnya kita dapat melihat sunrise kembar karena dipantulkan oleh waduk sermo. Sedang di sebelah barat kita dapat melihat Kota Purworejo, Walaupun tidak begitu jelas tapi ini juga menjadi suatu hal yang sangat keren. Karena melihat Kota Purworejo dari sudut yang berbeda dan dari ketinggian. Dari arah selatan mata kita akan di manjakan dengan garis pantai yang tergaris lurus membiru bagaikan membelah langit dan bumi. Dari arah utara, mata kita di hadapkan dengan perbukitan terjal yang dipenuhi dengan pohon cemara. Yang seakan-akan daunnya melambai menarik perhatian mata kita.

Baca Juga  Fenomena Puncak Widosari

Setelah kami puas melihat keindahan tanah Bagelen kami meluncur ke pantai ketawang. Pantai ketawang adalah pantai yang letak administratifnya masuk di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Pantai ketawang ini juga bersebelahan dengan pantai jetis. Hal yang indah dari pantai ini adalah adanya menara mercusuar yang dengan gagahnya berdiri di samping jalan utama menuju pantai.

image

Bagi anak muda atau remaja menara mercusuar ini menjadi salah satu tempat yang pas untuk mengabadikan moment keromantisan. Yaitu dengan foto selfie. Anggap saja seperti rangga dan cinta ketika sedang di puncak menara gereja ayam di film AADC 2, Bagaimana kalian tertarik untuk mengunjungi pantai ketawang? Setelah puas berfoto ria dan berselfi ria di mercusuar ketawang kami bersama rombongan sahabat petualang melanjutkan ke pantai suwuk yang ada di kabupaten Kebumen. Pantai suwuk adalah pantai yang terletak di Kabupaten Kebumen. Pantai ini sangat ramai, bisa dikatakan parangtritisnya Kebumen. Di tempat wisata ini, tidak hanya disuguhkan pemandangan pantainya saja. Tapi dilengkapi juga dengan wahana permainan anak-anak. Yang sangat menonjol dan menjadi icon pantai suwuk adalah sebuah wahana kolam renang yang dilengkapi dengan pesawat terbang yang sengaja diletakkan di tepi kolam renang tersebut.

Baca Juga  Kabut Surga Itu Namanya Kalibiru

Untuk kalian yang suka naik perahu, di pantai suwuk ini juga ada. Rutenya adalah menyusuri sungai yang membelah antara pantai suwuk dengan pantai karangbolong, kemudian menyebrang ke pantai karangbolong. Harga tiket untuk satu orang Rp. 10.000 pulang pegi. Sangat murah menurut saya. Karena tak sebanding dengan keindahan yang dapat di lihat dan dinikmati.

image

image

Puas di pantai suwuk, kami pindah ke pantai karangbolong. Pantai karangbolong merupakan pantai yang bersebelahan dengan pantai suwuk. Hanya berbataskan aliran sungai yang membelah kedua pantai tersebut. Pantai karangbolong adalah pantai yang ada karang bolongnya yaitu batuan karang yang bolong (berlubang) ukuran lubangnya ini sangat lebar. Bisa dikatakan seperti mulut gua. Karang bolong ini terbuat oleh proses alami bukan rekayasa manusia. Hal yang paling berkesan dari pantai ini ketika saya menemukan batuan karang yang ditumbuhi tumbuhan lumut pita. Hal ini sontak menjadi tempat untuk berfoto ria. Ternyata sangat bagus hasil foto dengan latar belakang karang bertumbuhan lumut dan birunya air laut. Tapi kami menghimbau jangan merusak tumbuhan lumut ini, jika ingin berfoto yang sewajarnya saja. Apa pun yang berlebihan itu tidak baik. Hari itu kami sangat puas, dari puncak paradewa sampai lumut pita di karangbolong.

Comments

SHARE
Previous articleMeretas Hujan
Next articlePenggalian Bakat Insan Muda Nusantara Lewat REACH 2016
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here