Kue Lompong Si Hitam Saus Kacang

0
426

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Warnanya hitam, teksturnya sangat lembut. Terbungkus rapi dengan daun klaras (daun pisang kering), aromanya khas daun pandan. Dan ketika dimakan, gigi mengunyah. Lidah mengecap saus kacang manis gurih yang siap meledak memenuhi rongga mulut dengan berbagai cita rasa yang tiada tara. Campuran rasa manis, gurih, asin dan aroma daun pandan sangat membekas enaknya. Kiranya tak cukup satu untuk benar-benar bisa menikmatinya. Sebab memang rasanya sangat enak. Bisa di bilang orang yang menyatap kuliner ini pasti akan kecanduan. Sebab tidak akan pernah bisa dengan semua rasa yang ditimbulkan.

Itu lah seulas rasa yang tergambarkan saat menyantap makanan khas dari kota berirama ini. Kalian tau, kira-kira makanan ini namanya apa? Aku kasih tau, si hitam manis saus kacang ini namanya kue lompong. Kue lompong adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan, tepung beras, dan saus kacang. Kue lompong juga hanya dapat dijumpai di Purworejo saja. Hal yang paling menarik dari makanan ini adalah warnanya yang hitam dan dibungkus menggunakan daun pisang yang sudah kering (klaras namanya). Sedang warna hitamnya berasal sari oman yaitu batang padi yang sudah kering, kemudian dibakar. Lalu diambil arangnya untuk dijadikan pewarna hitam alami.

Kue lompong

Hal ini memang sedikit banyak telah menjadi suatu hal yang menggambarkan ketradisionalan. Bagaimana tidak bahan yang digunakan benar-benar sangat alami. Jadi jangan khawatir, dapat dipastikan kehalalannya dan kesehatannya. Kue lompong sangat cocok untuk di nikmati bersama keluarga. Kalau yang masih remaja, juga sangat tepat sebab memakan kue ini meningkatkan kesan keromantisan. Apalagi dinikmati dengan kopi cap munthu asli buatan Purworejo, uuuuh bikin baper pokoknya.

Kalian penasaran bukan, silahkan datang ke Purworejo, dan silahkan juga menikmati kuliner khas Purworejo. Jangan lupa ajak teman-temanmu ya. Untuk yang berminat memesannya, dapat hubungi saya lewat email saya yanbudi nugroho1@gmail.com

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaSURGA YANG TERSEMBUNYI DI UJUNG TIMUR MADURA
Berita berikutnya1000 Gambar Sunda Kelapa dari Anak Indonesia
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here