11 Alasan Purworejo disebut Pesonanya Indonesia

0
1239
Tarian Dolalak

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Terletak tepat membatasi kedua kota yang berbeda provinsi antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Kulonprogo yang secara administratif masuk wilayah provinsi daerah Istimewa Yogyakarta.

Kota ini dilalui jalan utama yang menjadi urat nadi ekonomi Jawa Tengah, jalur selatan. Yah Purworejo namanya, tempat asri bebas polusi. Kota penuh warna yang berirama, menyimpan sejuta pesona. Tak bisa dipungkiri kota ini lama-lama semakin ramai. Tapi masih tetap terkendali dan rapi masih aman damai dan tentram. Di kota ini mata kalian akan tersihir, secara tidak langsung akan mengagumi keelokan apa pun yang ada di sini. Mulai dari kuliner, wisata, sejarah, nilai-nilai budaya, kearifan lokal dan masih banyak lagi. Untuk kalian yang suka traveling, mampirlah ke kota ini. Kalian akan menemukan hal baru yang tak akan kalian temukan di tempat lain.

Dolalak adalah sebuah tarian khas Purworejo yang telah mendunia. Tari ini selalu ditampilkan baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Jika kalian menyaksikan tarian ini, tanpa disadari akan menggelengkan kepala dengan sendirinya. Sebab tarian ini sangat enak dilihat dan musik pengiringnya pas didengar karena mengalun lembut di telinga. Hal yang menarik dari tari dolalak ini adalah penarinya perempuan yang memakai celana pendek sepaha. Memakai topi pet dan baju layaknya serdadu Belanda.

Biasanya penarinya rupawan, tau sendiri kan Purworejo terkenal dengan ceweknya yang manis-manis. Jadi bisa dibayangkan bukan? Bagaimana penasarannya melihat tari dolalak itu? Jika kalian penasaran main lah ke Purworejo. Sunrise di pantai ini jika bisa ku bilang semanis sunrise di kute Bali. Pantai Jatimalang yang terletak di sebelah selatan kota Purworejo mempunyai sunrise paling indah di antara pantai lainnya di wilayah pesisir Selatan. Pantai yang berjarak kurang lebih 18 km ini, bisa ditempuh juga menggunakan angkot. Jadi untuk akses ke sananya dibilang sangat mudah. Untuk para traveler luar kota jangan takut ketempat ini.

image
Keindahan matahari terbenam di Panatai Jatimalang

Di samping tempatnya bagus, di sini makanan seafood mudah ditemukan dan harganya sangat murah. Saat penat segarkan pikiranmu di Curug Muncar, surga kedua setelah gunung ijo. Setelah puas bermain ke pantai Jatimalang, aku saranin para traveler wajib datang ke Curug Muncar. Di tempat ini pikiran kita akan sangat segar. Hawanya yang sejuk, dengan ribuan butiran air yang jatuh dari ketinggian 40 meter menambah kedamaian. Kalian semua akan merasa berada di surga, bila mengunjungi Curug ini. Pantas saja banyak orang menyebutnya the second of paradise.

Baca Juga  Fort Rotterdam, Saksi Masa Lalu

Station Purworejo cagar budaya yang asik untuk berfoto. Puas di surga yang kedua yaitu Curug muncar, sebaiknya para traveler menyambangi station Purworejo. Di tempat ini banyak sekali orang yang melakukan pemotretan. Mulai dari remaja, foto model, sampai prewedding. Bangunannya yang tua, menambah kesan anggun. Dengan sedikit arsitektur Eropa pada abad ke 18 station Purworejo memang sangat menggodanya untuk berfoto. Geblek, berbentuk angka delapan yang bikin lapar. Pastinya traveler akan sangat lapar setelah menjelajah beberapa wisata menarik di Purworeju.

Nah geblek bumbu kacang cocok sekali untuk mengganjal perut kalian. Memang kelihatanya makanan ini tidak enak, tapi setelah merasakannya kalian semua pasti akan kecanduan. Nih bayangin ya geblek anget di makan di pinggir jalan. Kemudian dicelupkan ke dalam sambal kacang. Rasanya identik dengan pedas manis, gurihnya kacang menambah sempurna cita rasa dari kuliner khas Purworejo ini.

Uuuuhhh enak banget gan. Kamu belom di anggap berwisata ke Purworejo, jika belom minum si cendol dawet Ireng. Segarnya luar biasa minuman satu ini, cocok baget buat kalian para traveler yang haus kepanasan. Konon minuman ini banyak mengandung vitaminnya. Jika kalian terasa letih minum dawet Ireng bisa langsung bugar. Tapi itu katanya, jika kalian gak percaya coba aja. Dawet Ireng bisa di temukan di banyak sudut kota.

Banyak penjual yang menjual minuman khas dari Purworejo ini. Kalian suka caving? belom seru jika kalian tak menyusuri perut bumi di goa Seplawan. Goa Seplawan adalah salah satunya goa yang lain dari pada yang lain. Jika umumnya goa itu mulutnya di depan. Tapi goa Seplawan mulutnya di permukaan tanah, bisa dikatakan gua ini sangat unik. Pernah berfikir, bedug terbesar di dunia itu ada tidak? Tepat sekali, Purworejo memiliki bedug raksasa tersebut. Bedug ini terbuat dari kayu jati utuh, tapi bukan kayu jati sembarangan. Kayu yang di buat bedug itu adalah kayu jati yang bercabang 5 makanya disebut bedug Pandawa.

Baca Juga  Transformasi Keindahan Ibukota

Kalian semua bisa melihatnya di masjid agung Purworejo. Pernah melihat kota Purworejo dari ketinggian? kalau belum cobalah naik ke geger Menjangan, suasananya seperti di bukit bintang. Geger Menjangan adalah sebuah bukit yang terletak tepat diatas kolam renang Artha Tirta. Tempat ini sangat cocok untuk melihat lanskap kota Purworejo dari bawah kakimu. Siang dan malam kota Purworejo akan tetap terlihat indah jika di lihat dari sini. Tapi aku saranin buat para traveler untuk ke geger menjangannya waktu malam aja. Karena lanskapnya akan jauh lebih bagus dari bukit bintang.

image

image

Seromantis-romantisnya kamu, kalau belum jalan bareng pasanganmu di alun-alun Purworejo. Kamu belum romantis. Alun-alun terluas di Jawa tengah ini memang mempunyai suasana yang berbeda. Traveler sebaiknya mencoba jalan bareng pasangan mu di sini, dengan cara memutari alun-alun ini. Jika sudah, duduk lah di gazebo, bercanda tawa lah disana. Jika mulai lapar, makanlah jagung bakar, minumnya wedang ronde. Uuuh dijamin lah pasanganmu akan sangat bahagia. Jangan takut traveler, Purworejo kota kecil yang tingkat polusinya juga kecil. Penduduknya yang Wellcome, menandakan kota yang ramah. Bayangin nih gan, sebuah tempat yang sudah di sebut kota, tapi tingkat polusinya kecil.

Apa gak menyenangkan dan mengasyikan tuh, apa lagi tak ada kemacetan di ruas jalan manapun. Walaupun lalu lintas lagi hiruk pikuknya. Udah bebas polusi, tidak ada kemacetan, kulinernya enak-enak, penduduknya ramah, tempat wisatanya keren. Apa sih yang kurang? Kalo kalian para traveler gak pernasaran, itu namanya kebangetan. Sedikit ulasan ini diharapkan, Purworejo menjadi pilihan wisata baru di Jawa tengah. Bawa semua teman-teman mu kesini gan. Traveler keren wisatanya ke bumi Bagelen (Purworejo)

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaTetaplah Merokok, Meski Harga Rokok Naik
Berita berikutnyaAyam Pansoh, Menu Adat Suku Dayak
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Yan Budi Nugroho, itulah kombinasi nama yang diberikan orang tuanya dan bapak Soekoso DM, seorang budayawan kota kecil Purworejo. Saat ini ia sedang menempuh perguruan tinggi jurusan pendidikan. Hobi: sepak bola, cita-citanya bisa nerbitin buku seperti novelis idolanya Habiburahman el-Zhirazy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here