French Friesnya Mc Donald Kalah dengan Cemilan Satu Ini

0
400

Oleh: Sabarudin

 
REVEINSMEDIA.COM, PONTIANAK – Kali pertama menginjakkan kaki di Pulau Borneo, saya ditawari oleh salah satu teman baru berdarah Melayu.

Bentuknya sih menurut saya terlihat tidak menggairahkan, satu pertanyaan yang sering dilontarkan ketika melihat hal baru, “ini apa ya?” begitulah saya bertanya sambil membolak-balikan makanan yang tertuang di piring.
Saya mendapatkan jawaban yang aneh dan tidak lazim di telinga, apalagi di telinga pendatang seperti saya.

“Kerupuk Basah”, what the f***K? Makanan apa ini? Coba kalian dengar namanya, yang terdiri dari dua suku kata, “kerupuk dan basah”.

Hallow….. yang namanya kerupuk pasti kering dan renyah kellezz. Saya yakin kalian berimajinasi soal namanya, “Kerupuk-Basah” sama dengan kerupuk yang kena air, what? Mlempem dong.

Stop pikiran seperti itu, saya juga tidak tahu kenapa makanan ini disebut dengan nama kerupuk basah. Yah, walaupun agak berat aku tetap mencicipinya, ealah yang pertama cuma potongan satu millimeter sekarang tak pake potongan, kalau orang Kabupaten Kapuas Hulu bilang satu longkong, satu longkong saya sendiri yang menghabiskannya, hahahahah. Kerupuk Basah mirip dengan pem-pek Palembang bedanya kalau pem-pek digoreng, nah kalau kerupuk basah cukup direbus saja. Bahan dasarnya pun sama, yaitu dari ikan, bisa ikan lais, ikan toman, ikan belidak ataupun ikan lain yang disuka, kalau suka ikan lele boleh, ikan sepat, silahkan !!! Ikan citole, sak karepmu mas.

Makanan khas dari Kabupaten Kapuas Hulu ini memang lain daripada yang lain, kerupuk basah atau juga bisa disebut sebagai temet, dikenal dengan teksturnya yang kenyal, seiring perkembangan zaman yang semakin modern banyak sekali hal-hal yang tradisional dari kebudayaan Negara Indonesia yang semakin memudar khususnya di bidang kuliner.

Betul, masuknya kuliner Negara Barat macam A & W, Mc Donald, KFC, CFC, J.Co, Pizza Hut, men-diskreditkan (edaan bahasane) maksud saya menyingkirkan kuliner asli dari Ibu Pertiwi, macam Kerupuk Basah yang kebanyakan orang daerah Perkotaan atau anak muda zaman sekarang yang doyan nge-Mall tidak tahu menahu soal kuliner khas Kalimantan Barat ini.

Kalian yang suka dengan model makanan junk food atau fast food macam merek kuliner di atas, saya janji kalau kalian sudah nyicip kerupuk basah, bakal ketagihan, enggak percaya? Coba? Itu kalau kalian masih peduli dengan keaneka ragaman kuliner di Nusantara ini. Tak ada alasan untuk menolak atau tidak mencoba kegurihan kerupuk basah.

“Bang Jauh bang, aku tinggal di Jakarta?”
Alasan klasik, oke, kalau alasan jarak menjadi penghambat, saya akan share cara membuat kerupuk basah yang saya dapatkan langsung dari Mamak angkat saya di Kampung, tepatnya di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Berikut cara membuatnya kerupuk basah :

Siapkan Daging ikan, mau ikan Toman, belidak, lais, sepat, betok terserah yang penting daging ikan, atau kalau punya sisa uang berlebih boleh pakai daging ikan arwana, tapi untuk resep asli dari Putussibau dan yang membuat kerupuk basah jadi lezatos, mantabtos, adalah daging ikan belidak. Daging ikan belidak yang sudah di giling ini akan menciptakan cita rasa kerupuk basah yang Khas dari Kabupaten Kapuas Hulu.

Oke, kita siapkan daging ikan yang kira-kira cuma butuh 1 (satu) kg; Tepung terigu 2 (dua) kg; bawang putih tumbuk halus 1 (satu) ons; Merica bubuk 5 (lima) ml; air ½kg; garam dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian semua bahan dijadikan satu, dauk sampai rata, setelah rata campur sedikit demi sedikit tepung terigu hingga kenyal dan bentuklah menjadi panjang. Panaskan air untuk merebusnya, (direbus ya, bukan dikeringin macam kerupuk biasa) kira-kira 30 menit sampai mengapung dan siap disajikan. Untuk menambahkan cita rasa bisa kita membuat sambal yang memang khusus disajikan sebagai pendamping dari kerupuk basah.

Caranya, tumbuklah cabe rawit merah serta kacang goreng hingga halus, kemudian masukkan air panas dan aduk hingga rata, jangan terlalu kental dan terlalu cair, setelah dirasa pas, tambahkan garam dan gula secukupnya. Kerupuk basah benar-benar bisa disajikan dengan cocolan sambal kacang dan sedikit tambahan irisan daun bawang atau seledri. Oh iya kerupuk basah juga bisa di goreng juga, tergantung selera saja. Intinya, kerupuk basah ini bikin nagih, lebih berprotein tinggi.

Gampang kan enggak ribet juga? Ya kalau enggak percaya, coba saja dibikin. Menunya A&W, Mc Donald, KFC, CFC, J.Co, Pizza Hut atau apalah, pokoknya kalah dengan cemilan satu ini.

 

 

Foto: Google

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaKuntilanak Pengen Tenar
Berita berikutnyaBedug Made In Choudori Yang Lestari
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here