Purworejo Punya Festival Bogowonto

1
1026

Oleh: Rianto Purnomo
ketua Sanggar Paseban(founder & penanggung jawab)

 

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Air adalah salah satu sumber kehidupan, dan sungai sebagai muara berkumpulnya. Air adalah sumber kehidupan yang telah melahirkan peradaban dan kebudayaan seperti halnya Sungai Bogowonto yang hulu hilirnya terbentang dari ujung utara Pegunungan Menoreh hingga pantai selatan di wilayah Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Sungai Bogowonto termasuk salah satu dari 4 sungai besar yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Sayangnya, perkembangan zaman dan peradaban itu juga yang pada akhirnya telah melunturkan sikap hormat masyarakat pada Sungai Bogowonto. Masyarakat yang tinggal di hulu belum secara masif memahami apapun yang mereka lakukan di kawasan hulu sungai tersebut berimbas pada kawasan hilir sungai dan sebaliknya. Bencana alam sering kali terjadi dan kita gagap mencegahnya agar tidak terulang lagi.

image

Perlu adanya gerakan nyata untuk membangkitkan kembali sikap hormat masyarakat pada Sungai Bogowonto yang mampu mewujudkan budaya peduli lingkungan serta karya nyata yang terencana dan berkesinambungan akan keberadaan Sungai Bogowonto.

Festival Bogowonto dengan tema “Eksotika Tirta Nusantara” adalah wujud nyata kepedulian generasi muda Purworejo pada keberadaan Sungai Bogowonto dan kawasan serta dalam rangka menyukseskan “VISIT PURWOREJO 2020”. Untuk itulah, demi suksesnya kegiatan ini semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dan mendukung gerakan menyelamatkan Sungai Bogowonto ini.

Kabupaten Purworejo adalah wilayah yang mempunyai landscape lengkap dengan aktifitas masyarakat yang beragam dan memiliki potensi yang luar biasa. Namun kegiatan pemanfaatan ruang yang tak terkendali, selain dapat menimbulkan konflik juga berpotensi menimbulkan dampak degradasi lingkungan seperti rusaknya daerah aliran Sungai Bogowonto dan kawasan.

Bencana alam yang melanda Kabupaten Purworejo menjadikan keprihatinan tersendiri dan memerlukan tindakan nyata penyelamatannya dengan segera. Banyak kasus-kasus kerusakan lingkungan sebagai akibat perilaku dan aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumberdaya lingkungan di luar batas daya dukung alam. Dampak yang dirasakan bukan hanya bersifat lokal akan tetapi berdampak luas.

6162ef8f-e16c-4756-ba2d-85cf9aff92a3
Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sudah menjadi tugas kita bersama sebagai makhluk yang berakal dan berdaya untuk mengupayakan pencegahan dini terhadap bencana alam. Banyak cara dapat ditempuh untuk mengupayakan pencegahan dini terhadap bencana alam tersebut. Semua orang (individu), kelompok (organisasi) dan Instansi (stakeholder) bisa melakukan upaya pencegahan terhadap bencana alam. Namun ibarat sapu lidi, akan menjadi luar biasa jika upaya individu, kelompok dan Instansi tersebut dapat disatukan dalam satu gerakan masif yang terorganisir dan terencana dengan baik. Karya nyata yang dilakukan bersama-sama dengan mengutamakan pelestarian dan kelestarian alam yang melahirkan kemanfaatan bidang lainnya seperti pendidikan, religi, sosio culture, ekonomi dan pariwisata.

festival-bogowonto

Atas dasar itulah, Sanggar PASEBAN merangkul kelompok dan komunitas yang memiliki kesamaan visi dan misi “kecintaan pada Purworejo” untuk bergerak bersama dan menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah dengan menggelar “FESTIVAL BOGOWONTO”.

– “FESTIVAL BOGOWONTO” adalah festival seni dan budaya yang diadakan dari Hulu sampai Hilir Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.
– “FESTIVAL BOGOWONTO” adalah gerakan peduli Sungai Bogowonto yang bercadar “TOURISM” sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai destinasi utama wisata alam dan seni budaya.
– “FESTIVAL BOGOWONTO” diselenggarakan mulai tahun 2017 selama 4 kali dalam satu tahunnya dengan tema besar yang disesuaikan dengan kalender Hari Besar Nasional dan Internasional dalam bentuk :
1. Festival Bumi Bogowonto (Bulan Januari-Maret)

2. Festival Seni dan Budaya Bogowonto (Bulan April-Juni)

3. Festival Herritage Bogowonto (Bulan Juli-September)

4. Festival Kuliner Bogowonto (Bulan Oktober-Desember).

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaSiapa Aku…?
Berita berikutnyaJangan Suro, The Best Food From Indonesia
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Festival Bogowonto dengan tema “Eksotika Tirta Nusantara” adalah wujud nyata kepedulian generasi muda Purworejo pada keberadaan Sungai Bogowonto dan kawasan serta dalam rangka menyukseskan “VISIT PURWOREJO 2020”. Untuk itulah, demi suksesnya kegiatan ini semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dan mendukung gerakan menyelamatkan Sungai Bogowonto ini.

1 KOMENTAR

  1. […] REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Air adalah salah satu sumber kehidupan, dan sungai sebagai muara berkumpulnya. Air adalah sumber kehidupan yang telah melahirkan peradaban dan kebudayaan seperti halnya Sungai Bogowonto yang hulu hilirnya terbentang dari ujung utara Pegunungan Menoreh hingga pantai selatan di wilayah Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Sungai Bogowonto termasuk salah satu dari 4 sungai besar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya, perkembangan zaman dan peradaban itu juga yang pada akhirnya telah melunturkan sikap hormat masyarakat pada Sungai Bogowonto. Masyarakat yang tinggal di hulu belum secara masif memahami apapun yang mereka lakukan di kawasan hulu sungai tersebut berimbas pada kawasan hilir sungai dan sebaliknya. Bencana alam sering kali terjadi dan kita gagap mencegahnya agar tidak terulang lagi. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here