Tradisi Suran Kirab Budaya Ruwat Bumi Panjer Sebagai Simbol Kejayaan

0
203

Oleh: Ravie Ananda

REVIENSMEDIA.COM, KEBUMEN-Tradisi Kirab Budaya Ruwat Bumi Panjer setiap bulan Sura atau Muharram yang kembali dihidupkan sejak tahun 2010 lalu ternyata sangat disakralkan dan dijadikan simbol kesuksesan oleh NV. Oliefabrieken Insulinde atau Mexolie Kebumen yang ketika itu masih dalam kekuasaan Belanda.

Bahkan setelah perundingan Konfrensi Meja Bundar (KMB) pada tahun 1949 dimana sebagai konsekwensinya Mexolie kembali dikelola oleh Belanda hingga tahun 1958, Tradisi Suran Kirab Budaya Ruwat Bumi Panjer menjadi keharusan.

Baca Juga  Tradisi Wayangan dalam Merti Desa

Tradisi ini terus berlangsung hingga tahun 1980. Setelah Penyerahan pengelolaan Mexolie dari pemerintah Belanda kepada Indonesia pada 1958, Mexolie diubah namanya menjadi Sarinabati.

Tradisi Kirab Panjer pada masa lalu sangat sakral dan meriah. Diawali dengan penyembelihan “Kerbau bule” yang kemudian kepalanya dikirab mengelilingi pabrik Mexolie diiringi alunan musik gamelan diteruskan dengan penguburan kepala kerbau di salah satu lokasi sakral di dalam pabrik.

image

Setelah prosesi tersebut, agenda selanjutnya adalah pagelaran wayang kulit di halaman pabrik Mexolie. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh keluarga besar Mexolie dan warga masyarakat dengan sangat antusias dan khidmat.

Baca Juga  HALAL BIHALAL BUDAYA NUSANTARA

Seiring berjalannya waktu, kirab ini dihentikan tanpa sebab yang jelas (sejak pergantian Direksi pada tahun 1980). Mulai saat itu pula, Sarinabati yang dahulu merupakan pabrik minyak pertama dan terbesar di Indonesia (bahkan satu–satunya yang masih ada hingga kini) mengalami kemunduran hingga akhirnya bangkrut dan ditutup pada tahun 1986.

Sumber: Kebumen2013.com

Comments

SHARE
Previous articleGunung Agung: Destinasi Baru di Perbatasan Jogja dan Purworejo
Next articleBambu Hidroponik, Media Tanam dari Alam
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here