Grebeg Loano: Promosi Desa Wisata Budaya

0
258
Foto: KRJogja

Laporan: Yan Budi Nuhroho

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Jalan raya Purworejo-Magelang, nampak sangat meriah. Janur kuning melengkung di setiap sudut jalan, tidak ketinggalan pula bendera umbul-umbul mempercantik dengan berbagai warna-warninya. Rumput hijau nampak rapi terpotong, menambah kesan yang mempesona untuk dinikmati mata. 

Sepertinya ini menarik, ada apa gerangan? Jalan ini sering ku lewati, tapi tak semanis ini biasanya. Dari beberapa informasi dan dari banner yang terpasang. Sepertinya akan ada sebuah acara yang sangat spesial. Oh ya jalan ini, tepatnya di desa Loano.

Rasa keingintahuanku semakin besar, akhirnya aku berhenti dan menyetandarkan kuda besiku tepat di depan kantor Polsek Loano. Terpampang jelas tulisan di banner tersebut, dengan seksama ku lihat, kemudian ku baca. GREBEG LOANO, tulisan itu terpampang jelas dan besar. Owalah pantesan jalan yang biasanya tidak meriah dan semenarik ini, tiba-tiba disulap menjadi mempesona. Ternyata desa ini sedang mempersiapkan acara budaya dengan judul Grebeg Loano.

Baca Juga  Launching dan Bedah Buku “ Perjuangan Pangeran Diponegoro”

Grebeg Loano sendiri adalah acara budaya yang mempunyai tujuan untuk memperkenalkan kepada dunia luar, bahwa desa Loano sedang merintis desa wisata budaya. Nah Grebeg Loano ini sebagai wujud dari promosi wisata budaya tersebut. Seperti dari beberapa informasi yang saya dapatkan, Grebeg Loano juga mempunyai tujuan untuk mengingatkan masa kejayaan Kadipaten Loano.

Rencananya Grebeg Loano ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 – 12 bulan November ini. Dalam arti hari ini Grebeg Loano ini dimulai. Adapun rentetan acaranya, mulai dari bersih desa, mengambil air tujuh tempat untuk acara puncak. Sedangkan puncak dari Grebeg Loano direncanakan tanggal 6 November . Artinya hari Minggu besok semua warga Loano akan tumpah ruah di desa Loano. Semua lapisan masyarakat akan memadati semua tempat yang ada. Sepanjang jalan Purworejo-Magelang akan dipenuhi orang, karena acara puncak “Unggah Pamor Tirta Bumi” akan diadakan ritual yang dimulai dengan pawai budaya. Rencana starnya dari Balaidesa Loano sampai masjid Agung Loano peninggalan Sunan Geseng.

Baca Juga  KUMANDANG AZAN DI MASJID LAUTZE 2

Grebeg Loano ini diharapkan akan berdampak pada pelestarian budaya, pengenalan kejayaan Kadipaten Loano dan tumbuhnya ekonomi yang berkelanjutan. Karena dari awal memang direncanakan desa Loano akan dipromosikan menjadi desa wisata budaya. Jadi besok yuuk kita semua lihat bagaimana kemeriahan Grebeg Loano itu. Jadilah saksi kejayaan Kadipaten Loano. Jangan sampai nggak dateng ya, soalnya acara ini hanya diadakan 6 tahun sekali.

Comments

SHARE
Previous articleBISNIS SEHAT HERBAL TIGA PUTRI
Next articleSENDIRI DALAM ANGAN
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here