Curug Muncar, Bukan Orang Purworejo Sejati Jika Belum Pernah ke Sini

0
249

Laporan: Machmud Al Faruq

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Jenuh dengan rutinitas perkuliahan dan kebetulan perkuliahan di kampusku libur, aku dan temanku sepakat untuk jalan-jalan ke Kecamatan Bruno. Curug Muncar menjadi tempat pilihanku. Curug muncar berlokasi di desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo.

Perjalanan ke Curug Muncar dari Purworejo kota ditempuh kurang lebih satu jam, perjalanan melewati jalan raya Kutoarjo-Bruno. Ketika memasuki Kecamatan Bruno di sepanjang perjalanan pandanganku dimanjakan dengan hamparan sawah yang hijau, pegunungan yang tinggi menjulang, dan di bawahnya mengalir sungai dengan batu-batu yang masih sangat alami. Semua itu membuat rasa jenuhku seketika hilang.

Sebelum sampai di desa Kaliwungu, Curug Muncar terlihat di antara pegunungan di sisi kiri jalan Kutoarjo-Bruno. Curug Muncar sendiri memiliki ketinggian di atas rata-rata curug di Kabupaten Purworejo.

Setelah sampai di desa Kaliwungu, tepat di tepi jalan raya sebelum jalan akses masuk menuju Curug Muncar terdapat peta rute yang telah disediakan. Akses jalan yang dilalui menggunakan cor beton menanjak khas pegunungan dan melewati perkampungan penduduk desa Kaliwungu.

Baca Juga  5 Destinasi Wisata Religi dan Bersejarah di Purworejo

Setelah mengikuti rute, karena akses jalan terakhir menuju Curug Muncar masih tanah dan tergolong kecil sehingga harus berjalan kaki. Perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 20 menit dengan kondisi jalan becek dan licin ketika musim penghujan. Untuk sepeda motor, sudah disediakan tempat parkir oleh penduduk. Melewati persawahan, aliran air yang jernih di sisi jalan, dan pohon-pohon besar yang rindang mewarnai perjalanan menuju Curug Muncar. Jalan yang menanjak cukup lumayan menguras tenaga. Jarak yang semakin dekat, mulai terdengar suara gemuruh air yang membuatku penasaran. Dan Akhirnya, pandanganku tertuju pada gemuruh aliran air yang terjun bebas dari ketinggian puluhan meter. Subhanallah sungguh pemandangan yang menakjubkan. Di bawahnya terdapat bongkahan-bongkahan batu tersusun rapi oleh alam memecah deras aliran air yang berjatuhan, menciptakan kabut-kabut air sangat mempesona. Sesekali ku berputar untuk menikmati pemandangan sekitar.

image

Terdapat pohon-pohon besar, tebing, dan pegunungan yang sangat memanjakan mata. Beruntunglah hari ini aku dapat menikmati keindahan alam di kota tercintaku ini.

Baca Juga  Lubang Sewu, Objek Wisata Menawan di Sisi Waduk Wadaslintang

Asri dan alami, itulah Curug Muncar yang dimiliki kabupaten Purworejo, bukan orang Purworejo sejati jika belum pernah datang ke sini. Tak ketinggalan untuk berfoto-foto banyak spot yang dapat dipilih dengan keindahannya. Setelah puas berfoto-foto aku bergegas pulang. Karena tempat ini belum dikelola oleh pemerintah, untuk restribusi sementara ini hanya membayar uang parkir dengan tarif Rp3000,- permotor. Ketika dalam perjalanan pulang ada hal mengganjal di pikiranku sehingga membuat pikiranku semakin bertanya-tanya, kenapa potensi wisata seindah ini belum terkelola dengan baik? Seperti akses jalan yang masih tanah, becek, dan licin ketika musim penghujan.

Tetapi jangan khawatir bagi yang ingin jalan-jalan ke Curug Muncar walaupun sementara akses jalan tanah, becek, dan licin, keindahannya sebanding dengan perjuangan untuk menuju Curug Muncar.

Disarankan jika ingin jalan-jalan ke Curug Muncar ketika musim penghujan sebaiknya pada pagi hari, karena pada sore hari cuaca lebih sering hujan.

Comments

SHARE
Previous articleAmelia Anggraini: Melayani Masyarakat Lewat Kesehatan dan Ketenagakerjaan
Next articlePOTRET
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here