Laporan: Budi Cesar

REVIENSMEDIA.COM, MOJOKERTO – Kuliner lagi kuliner lagi, yah begitulah kita bisa sedikit berbangga hati karena keanekaragaman menu masakan yang ada di nusantara. Masih di Mojokerto, setelah saya berkunjung ke Pendopo Agung, Museum dan beberapa candi di Kota tersebut (candi brau, candi tikus dll), tibalah saatnya mengisi perut yang sudah mulai meronta-ronta ini.

Tepatnya di seberang Objek Wisata Segaran, ada warung yang bernama Warung Wader Bu Tin. Kalian pasti sudah tahulah apa yang disebut wader, betul sekali. Wader adalah sejenis ikan kecil-kecil yang habitatnya di air sungai baik sungai yang airnya tawar ataupun payau. Nah dengan keahlian Bu Tin sebagai pemilik warung, ikan ini disulap menjadi hidangan yang “ces pleng” dengan sambal pedasnya yang “aduhai” (kalau enggak salah sambalnya sambal terasi).

Baca Juga  Nikmatnya Wisata Kuliner di Pasar Tradisional

Oh iya, sebenarnya ikan yang disajikan tidak sepenuhnya ikan wader, melainkan campuran, ada ikan “keting” (beberapa tempat menyebutnya ikan lundu), ada ikan sepat, anakan ikan munjair, dan beberapa ikan sungai tidak bisa Bu Tin saya definisikan.

Setiap harinya Bu Tin menyediakan 20 sampai 30 Kg ikan wader, dan setiap harinya pasti habis, “rooaarr biasak”. Warung Wader Bu Tin buka dari pagi sekitar jam 8 atau jam 9 sampai sore atau sampai ikan wader tersebut habis, karena beliau biasanya tidak sampai magrib sudah habis, kira-kira jam 5 an.

Baca Juga  Warga Asing Ikut Mengulek di Festival Rujak Ulek Surabaya

Sebenarnya olahan ikan wader ini tidak hanya ada di Warung Wader Bu Tin saja, melainkan banyak dijajakan di pinggir jalan di sekitaran objek wisata Segaran dan Museum. Intinya kalian tidak bisa tidak mencoba kuliner satu ini, di manapun warungnya, makanan yang khas bangetlah di daerah Trowulan Mojokerto.

Eh satu lagi, saya tidak bisa mendifinisikan masakan ini dengan rinci, silahkan coba dan definisikan sendiri dengan lidah anda. hahahha.

Comments

SHARE
Previous articleAWAS BAHAGIA MENULAR !
Next articleJATI DIRI PURWOREJO DALAM BUSANA BAGELENAN
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here