SITUS PURBAKALA TAPURARANG

0
464

Kontribusi: Syaeful Amri

REVIENSMEDIA.COM, KABUPATEN FAKFAK – Situs purbakala ini terletak di Kampung Andamata, Distrik Arguni, Kab. Fakfak, Papua Barat. Merupakan salah satu situs kuno terkenal yang menyajikan keindahan lukisan di tebing bebatuan terjal. Nah tebing bebatuan terjal inilah yang biasa disebut Tapurarang.

image

Situs yang memiliki objek lukisan berupa telapak tangan, mata, telapak kaki, lumba-lumba, cicak, tumbuhan, daun, wajah manusia, hingga bumerang. Lukisan tersebut dipastikan sudah ada sejak lama, namun warnanya masih terjaga hingga saat ini. Menurut para arkeolog lukisan ini dipastikan sudah ada sejak zaman megalitikum WAW!!!

Baca Juga  AIR TERJUN KITI KITI, EKSOTIS BIRU BERMUARA KE LAUT

image

Seni cadas atau rock art ini merupakan hasil karya lukisan manusia yang berusia ribuan tahun yang lalu.

image

Lukisan-lukisan tersebut dibuat sebagai pengingat peristiwa atau simbol-simbol kepercayaan. Lukisan binatang atau Matuto dianggap sebagai pahlawan bagi nenek moyang. Simbolilasi tersebut tak hanya ada di lukisan, hingga saat ini dalam upacara adat simbol binatang tersebut masih dibawa. Sedangkan telapak tangan berarti penolak bala, pelindung dari kekuatan jahat.

Baca Juga  Pesona Sunrise Gunung Kembang

image
Oya, untuk menuju ke situs tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 2 jam dari kota Fakfak sampai distrik Kokas, kemudian dilanjutkan perjalanan laut dengan longboat sekitar 1 jam.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here