Merajut Asa Pendidikan dari Hulu Kapuas

0
394

Kontribusi: Agung Rakhmad Kurniawan, S.T. (Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia)

REVIENSMEDIA. COM,  KALIMANTAN BARAT РSungai Kapuas yang membentang membelah Kalimantan menyimpan banyak manfaat untuk kehidupan. Mulai dari sumber daya alam sampai jalur transportasi air yang digunakan masyarakat.

Masyarakat yang mayoritas menjadi nelayan tinggal di pinggiran sungai Kapuas dengan akses listrik yang terbatas dan barang tentu pendidikan yang masih belum terjamah secara menyeluruh. Salah satu Desa di pelosok Kalimantan Barat yaitu Desa Engkerengas memiliki sebuah terobosan untuk menangani permasalahan pendidikan yang belum berkembang. Dengan kerjasama antarmasyarakat akhirnya berhasil menginisiasi sebuah sekolah tingkat Madrasah Tsanawiyah. Asa Pendidikan yang mulai hadir di tengah keterbatasan yang ada membuat harapan anak-anak yang semula putus sekolah untuk kembali bersekolah.

Baca Juga  Refleksi Hari Pendidikan Nasional 2018

Anak-anak yang tinggal di pelosok dusun mulai bersekolah kembali dengan banyak perjuangan yang harus dilakukan sekedar untuk mencapai ke sekolah yang terletak di Desa Engkerengas. Jalur darat yang hanya bisa dilalui pada musim kemarau dengan jarak yang jauh menjadikan transportasi air menggunakan perahu sebagai pilihan utama untuk bersekolah. Resiko yang harus ditanggung anak-anak untuk sekedar pergi bersekolah.

Baca Juga  Video: Potret Pendidikan Di Ujung Indonesia

MTs Engkerengas yang baru menginjak tahun kedua berdiri sekarang memiliki 24 siswa yang berasal dari dua dusun yang jaraknya cukup berjauhan. Kepala Sekolah MTs, Endang S.Pd, mengatakan bahwa sekolah ini dibuat atas rasa peduli dari warga dan guru-guru yang bermodalkan uang pribadi untuk menjaga asa pendidikan di pelosok Kalimantan Barat.

Hadirnya bantuan program dari Dompet Dhuafa melalui konsultan Relawan yang dikirimkan menginjak tahun kedua menambah harapan untuk perkembangan dan peningkatan kualitas sekolah. Walaupun baru menginjak tahun kedua berdiri, dari sisi prestasi, MTs Engkerengas sudah mampu berprestasi di bidang olahraga khususnya. Selain itu, MTs Engkerengas sendiri memiliki kurikulum khas yang menjunjung perkembangan literasi dan mengembangkan budaya lokal daerah di dalamnya. Kelak harapannya sekolah ini dapat menjadi titik balik perbaikan pendidkan di pelosok Kalimantan Barat khususnya dengan segala keterbatasan yang dipecahkan secara bersama melalui sinergi antarmasyarakat. Karena pendidikan harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri guna menjadikan generasi yang akhirnya bermanfaat untuk masyarakat kedepannya.

Baca Juga  Sekolah Guru Indonesia Berdayakan Kembali PAUD Al-ISLAH Tasikmalaya

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaSrawung Budaya Nusantara Sebagai Kanal & Delegator !
Berita berikutnyaTentang Cinta
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia. Alumnus Teknik Pertambang Universitas Sriwijaya Palembang. Kecintaannya terhadap dunia anak-anak khususnya pendidikan membuat ia terjun langsung di dunia pendidikan. Selain sebagai guru, penulis juga menjadi konsultan dan trainer pendidikan untuk sekolah desa dan beranda yang berada di perbatasan negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here