GEBYAR PERDANA PERJUANGAN HIPMI PURWOREJO

0
327

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Dunia usaha adalah bidang yang begitu dinamis dan menjanjikan peluang keuntungan finansial lebih besar ketimbang bidang-bidang pekerjaan lainnya. Dunia usaha juga memberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide kreatif seluas-luasnya tanpa batas. Oleh sebab itu, semakin lama semakin banyak anak-anak muda yang menekuni dunia usaha alias menjadi pengusaha dengan berbagai macam kreasi produk dan strategi bisnisnya. Namun perlu diingat bahwa terkadang kenyataan tak seindah angan-angan yang dicita-citakan. Dalam setiap usaha pasti ada kendala dan resiko yang mau tak mau harus dihadapi. Di sinilah para pengusaha perlu berjuang sekuat tenaga demi meraih segala tujuannya. Perjuangan itu sendiri akan terasa lebih mudah manakala dilakukan secara bersama-sama dalam suatu wadah organisasi profesi.

Salah satu organisasi profesi pengusaha yang terkemuka adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia(HIPMI) yang berdiri sejak 10 Juli 1972. Dengan motto “Pengusaha pejuang, pejuang pengusaha”, HIPMI terbukti sudah mencetak banyak kader pengusaha muda yang kiprahnya menggema tak hanya sebatas di level nasional semata, melainkan juga di kancah internasional. Kini HIPMI telah memiliki cabang di 33 provinsi dan 274 kota kabupaten, termasuk di Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh wakil bupati Purworejo pada acara peringatan HUT perdana HIPMI DPC Purworejo, bupati Agus Bastian mengingatkan tentang isu-isu actual yang dihadapi oleh masyarakat kota Berirama ini. Isu-isu itu adalah datangnya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mega proyek pembangunan bandara internasional New Yogya International Airport di kabupaten tetangga, Kulonprogo dan proyek pengembangan kawasan wisata candi Borobudur yang seyogianya dipandang sebagai sebuah peluang sekaligus tantangan menuju arah kemajuan. Nah keberadan para pengusaha ,khususnya pengusaha muda menjadi sangat penting guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui aneka usahanya, dan terutama untuk mengangkat produk-produk lokal UMKM dalam menyikapi isu-isu tersebut. Pengusaha —pengusaha muda Purworejo diharapkan tidak hanya sekedar menjadi pengusaha yang gigih namun juga memiliki wawasan kebangsaan dan kepedulian terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Potensi Fishing di Pasir Mendit

Ditemui seusai seremoni HUT HIPMI Purworejo, ibu wakil bupati, Yuli Hastuti menanggapi positif keberadaan acara ini. Selain mengucapkan selamat ulang tahun kepada HIPMI Purworejo, Yuli Hastuti menyatakan bangga dan berbahagia karena meski baru berusia setahun, HIPMI Purworejo sudah menunjukkan geliatnya dengan bekerja sama dan berperan serta dalam pelaksanaan program-program yang dicanangkan oleh Pemda. “Ke depan pengusaha-pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI Purworejo agar lebih meningkatkan kinerjanya untuk mengangkat potensi-potensi daerah Purworejo, terutama potensi di bidang Pariwisata. Yang terpenting HIPMI Purworejo harus terus melakukan komunikasi dan sinergi dengan Pemda Purworejo, sehingga setiap kegiatan positif yang diadakan dapat berjalan lancar dan tercapai tujuannya.”

IMG-20170426-WA0029

Senada dengan ibu wakil bupati, Murdiyanto selaku ketua penita acara optimis jika pengusaha-pengusaha muda Purworejo bisa berbuat lebih banyak untuk mendorong kemajuan daerah Purworejo di bidang ekonomi dan sosial. Kuncinya komunikasi dan sinergi dengan semua pihak atau stakeholder- stakeholder yang ada di kabupaten Purworejo. Apalagi menurutnya birokrasi Pemda saat ini sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para pengusaha. Murdiyanto juga mengungkapkan bila HIPMI Purworejo di umurnya yang baru satu tahun ini telah memiliki 125 anggota pengusaha muda yang tersebar di 16 kecamatan, bahkan sampai di desa-desa. Bidang usahanya pun beragam. Namun yang paling dominan usaha di bidang properti atau perumahan dan kemudian usaha kerajinan.

Baca Juga  Ferry Anggoro Ardy Nugroho: Dengan Nanotechnology Buat Nama Indonesia Berkibar

Acara peringatan HUT perdana HIPMI DPC Purworejo sendiri berlangsung selama tiga hari dari 22 April hingga 24 April 2017 di alun-alun Purworejo dengan menggelar serangkaian kegiatan berupa expo, hiburan rakyat, dan berbagai perlombaan, seperti lomba jalan sehat dan lomba mewarnai bagi anak-anak TK/PAUD. Diharapkan dengan peringatan HUT perdana yang mengusung tema “Gebyar pejuang pengusaha muda Poerjo” tersebut, masyarakat dapat mengapresiasi keberadaan HIPMI Purworejo serta menjadikannya sebagai alternatif sarana mewujudkan segala aspirasi demi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan sosial di kabupaten Purworejo. Semoga semakin banyak terlahir pengusaha-pengusaha muda Purworejo yang berkontribusi besar terhadap pembangunan di daerah sendiri pada khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya. Sri Widowati Retno Pratiwi

Comments

SHARE
Previous articleWANITA DAN SEPAK BOLA
Next articlePameran Hanafi “The Maritime Spice Road” di New York
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here