Oleh: Ravie Ananda

REVIENSMEDIA.COM, KEBUMEN – Jelajah spiritual Situs makam Raden Suputra/ atau Harya Baribin/Syekh Baribin dan R. Panulahar di Grenggeng – Karanganyar Kabupaten Kebumen. Dalam Serat Sarasilah (Sejarah Pangiwa) yang menuliskan silsilah darah penguasa Tanah Dhawa disebutkan bahwa Bra Tanjung (Brawijaya IV) memiliki 6 Isteri.

Salah satunya berasal dari Pajang. Dari isteri ini melahirkan Raden Suputra atau Harya Baribin/Syekh Baribin. Dalam dalam Babad Banyumas yang ditulis oleh Raden Aria Mertadirja (babad ini kemudian dikumpulkan pula dalam Tijdschrift voor indische taal-lan-en volkenkunde uitgeven door het bataviaach genottshcap van kunsteen en wetenschapen) Di sebutkan bahwa Raden Harya Suputra/ atau Baribin diperintahkan pergi ke barat Negari Panjer oleh Gajah Mada hingga beristirahat di pohon Gendayakan.

Baca Juga  The Dead Class- Tadeusz Kantor Instalasi Pertunjukan Kolaborasi Hanafi & Lab Teater DKJ Jakarta

Disitulah ia bertemu dengan Kyai Kaleng dst. Kisah dan silsilah Raden Suputra sebagai putra Brawijaya IV dari isteri Pajang juga dikuatkan dalam Buku Babad Tanah Jawi karya KHP Widyabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat; Nov 1993.

Adapun Raden Panulahar adalah putra ke 78 (dari 117 putra) Prabu Brawijaya V (Angkawijaya atau Raden Alit). Hingga kini dalam kompleks makam Grenggeng banyak terdapat makam makam kuno tak bernama, juga nisan-nisan yang ditumpuk.

Baca Juga  Tradisi Suran Kirab Budaya Ruwat Bumi Panjer Sebagai Simbol Kejayaan

Comments

SHARE
Previous articleKopi Ethiopia Untuk Donasi Perpustakaan di Republik Syuruput
Next articleKeindahan Tersembunyi Di Danau Lait Sanggau
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here