Etawa Adventure ajak siswa-siswi MTs N Prembun mengenal “Clorot” sebagai makanan tradisional Purworejo

0
263

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – 11 Mei 2017 masyarakat desa Aglik, kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo sebagai salah satu pusat pembuatan “clorot” makanan khas Purworejo memiliki kegiatan yang tidak biasa dari umumnya. Hal itu dikarenakan mereka mendapatkan kunjungan sebanyak 130 siswa-siswi full day class dari MTs N Prembun dalam rangka kegiatan outdoor activity untuk mengenal keaneka ragaman makanan khas di Purworejo beserta cara membuatnya. Kegiatan ini terselenggara atas inisiatif Etawa Advanture yang mengajak beberapa warga untuk menjadikan desa Aglik sebagai tempat pembelajar pembuatan clorot di kabupaten Purworejo.

Kegiatan ini mendapat dukugan baik dari warga, hal ini terlihat dari terpasangnya tenda terpal biru di depan kediaman bapak Ahmad yang kemudian menjadi titik kumpul kegiatan siswa-siswi selama berada di desa Aglik. Tepat pukul 08.30 am sebanyak tiga truck yang membawa anak-anak dari Prembun telah sampai di lokasi kegiatan. Kedatangan mereka mendapatkan sambutan hangat dari beberapa warga dan trainer Etawa Advanture yang telah bersiap untuk mengarahkan anak-anak, guru pendamping menuju titik kumpul kegiatan dan menujukan arah dimana truck pembawa anak-anak akan di parkirkan. Selain itu sambutan khusus terlihat di tunjukan kepada para guru pendamping dengan memberikan tempat istirahat khusus, disertai jamuan dan penjelasan manual acara yang akan telah disusun dan akan dilaksanakan.

Baca Juga  Pantai Pasir Putih Lab. Kertasari

Bersamaan dengan itu, terdengar suara tawa keras dari peserta yang sedang menikmati jamuan ice breaking yang dipandu oleh beberapa trainer dari Etawa Advanture. Anak-anak begitu mudah membaur dan terbawa suanan terlihat dari keikutsertaannya pada setiap sesi ice breaking yang dibawakan oleh beberapa trainer secara bergantian hingga pukul 09.45 am. Sesi ice breaking di akhiri dengan pembagian kelompok dan penjelasan kegiatan yang akan dilaksanan. Kegiatan selanjutnya adalah istirahat selama 15 menit sebelum peserta di terjunkan ke beberapa rumah yang telah disiapkan.

Tepat pukul 10.00 am peserta kemudian kembali dikumpulkan dan diinstruksikan untuk berkumpul sesuai kelompok yang telah dibagi. Sebelum di berangkatkan menuju rumah warga setiap kelompok dibagi pendamping kanan yang terdiri dari satu guru pendamping dan pendamping kiri yang terdiri dari satu trainer Etawa Advanture. Akirnya pesertapun diberangkatkan ke rumah-rumah warga untuk mendapat materi tenang keclorotan, mulai dari pengenalan sejarah hingga cara membuatnya dengan jadwal berlangsung hingga pukul 12.00 am.

Baca Juga  Bedug Made In Choudori Yang Lestari

Banyak nilai-nilai yang anak dapatkan ketika mereka praktek membuat contong dari bahan janur sebagai pembungkus isi clorot saat berada di rumah-rumah warga, salah satu nilai yang ada adalah telaten, dan tidak mudah menyerah. “Membuat contong itu ternyata tidak mudah” ungkap Rinibeberapa diantara mereka mengalami kegagalan dan mau mencobanya kembali hingga bisa, ada pula yang menyerah dan diam saja, bahkan yang lebih unik karena berkali-kali gagal lalau ada beberapa anak malah membuat ketupat, torotote dan kerjinan janur lainya.

Comments

SHARE
Previous articleBanyak wilayah Indonesia terdeteksi WannaCry
Next articleMemahami Abstraksionisme ala Baron Basuning
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here