Oleh: Yuli Setyawan

REVIENSMEDIA.COM – Setelah patung lilin Sukarno dan Anggun Sasmi, Museum Madame Tussauds Hongkong kedatangan tamu baru, dia adalah Presiden Republik Indonesia ke 7, Joko Widodo. Museum yang mengoleksi beberapa patung lilin tokoh-tokoh dunia ini, punya alasan tersendiri memasukkan nama Joko Widodo menjadi salah satu koleksi dari beberapa tokoh yang layak berada di dalam museum tersebut. Alasannya jelas, Joko Widodo menjadi presiden Republik Indonesia yang paling banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bahkan, patung lilin Joko Widodo ini bersanding dengan tokoh dunia terkenal seperti Barrack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita, bahwa beberapa tokoh Indonesia masuk ke dalam jajaran tokoh penting dunia. Hal ini berdasarkan polling yang dilakukan manajemen Museum Madame Tussauds Hongkong sebelum penetapan presiden Joko Widodo menjadi bagian dari koleksi tersebut. Joko Widodo menempati posisi pertama presiden paling dikenal masyarakat dunia tahun 2016. Luar biasa bukan? Tentunya kita sebagai warga bangsa Indonesia ikut berbangga, mempunyai presiden yang dikenal masyarakat dunia.

Baca Juga  Menakar Nalar Perilaku Mengemis Bangsa Sendiri

Satu hal yang menarik dari kehadiran patung Joko Widodo ini adalah rambutnya. Rambut pada patung Joko Widodo ini merupakan rambut asli pak Jokowi. Bagaimana para pembuat patung ini bisa mendapatkan rambut pak Jokowi tanpa menggundulinya? Menarik untuk disimak. Beberapa pemahat profesional dari Korea mendatangi langsung tempat pak Jokowi sering potong rambut. Lokasinya berada di Jalan Salak Kota Bogor, dengan nama Hunky Dory. Barber Shop ini merupakan tempat di mana pak Jokowi merapikan rambutnya untuk pertama kali di kota Bogor. Begitu pula dengan Jumadi, salah satu pegawai yang mendapat kesempatan khusus memotong rambut orang nomor satu di Indonesia tersebut. Hal ini merupakan pengalaman pertama baginya, sehingga sisa potongan rambut pak Jokowi disimpan rapi di Barber Shop tempat di mana dia bekerja. Potongan rambut itulah yang diminta oleh beberapa pemahat dari Korea untuk menyempurnakan patung Jokowi di Madame Tussaud, tentunya dicampur dengan rambut sintesis.

Baca Juga  Kapan Saya Merasa "Besar"

Selain menggunakan rambut asli, konon baju putih, celana dan sepatu yang melekat di patung tersebut juga merupakan busana asli milik pak Jokowi. Memerlukan kurang lebih 1 bulan untuk mendapatkan ukuran tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki agar sesuai dengan bentuk aslinya. Dana yang dibutuhkannya-pun tidak kurang dari 1 milyar rupiah untuk pembuatan 1 patung tersebut. Berbeda dengan patung-patung lainnya yang ada di museum Madame Tussaud, Bali dan Pulau Komodo. Hal ini sengaja disyaratkan oleh pihak istana kepada manajemen museum, untuk lebih mempromosikan wisata Indonesia kepada dunia. Kita patut berbangga karena tidak semua tokoh dunia bisa menjadi bagian museum ini. Salam

Comments

SHARE
Previous articleLapak Buku Gratis Di Pontianak
Next articlePancasila milik Indonesia
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here