MUDIK MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR SIAPA TAKUT?

0
349
Foto: tempo.co

Oleh: Yuli Setyawan

REVIENSMEDIA.COM – Ritual satu tahun sekali yang melibatkan jutaan umat manusia dan kendaraan itu mereka sebut dengan nama “Mudik”. Momentum langka yang paling ditunggu-tunggu oleh para perantau dari setiap penjuru tanah air untuk sekedar bertemu dengan sanak keluarga ataupun orang tua mereka di tanah kelahiran. Apa yang mereka sebut dengan mudik itu merupakan sebuah pengerahan massa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang bergerak dari satu wilayah ke wilayah lainnya secara bersamaan. Bukan hanya dari segi materi yang mereka korbankan, bahkan nyawapun bisa melayang di jalanan.

Saya sebagai anak perantauan yang sudah lama meninggalkan kampung halaman, bisa merasakan euforia itu menggelora sejak memasuki bulan Ramadhan. Persiapan demi persiapan terus dilakukan demi mengejar eksistensi di kampung halaman. Ada anggapan, semakin lama seseorang di tanah rantau, maka semakin mapan dan sejahtera pula kehidupannya. Sehingga anggapan ini dipelintir dan dijadikan sebuah keharusan. Maka tidak jarang, beberapa dari para perantau ini rela bekerja keras demi mendapatkan hasil yang bisa dibawa pulang saat mudik. Hal ini terlihat pada saat musim mudik tiba, banyak dari beberapa pemudik motor membawa barang hingga melebihi batas kapasitas maksimum yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Bahkan terlihat beberapa pengendara sepeda motor membawa serta anak dan isterinya. Melihat fenomena tersebut, Kementerian Perhubungan akhirnya mengeluarkan peraturan mengenai peraturan lalu lintas saat mudik Lebaran, termasuk larangan membawa barang bawaan melebihi kapasitas, serta himbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik.

Baca Juga  Cara Keledai Membaca Buku

Lalu apakah himbauan pemerintah tersebut dilaksanakan, sudah dapat dipastikan “tidak”. Selain lebih ekonomis karena konsumsi BBM yang lebih murah, menggunakan sepeda motor saat mudik juga dinilai lebih efektif menembus kemacetan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mudik menggunakan sepeda motor, agar Anda selamat hingga sampai di rumah. Di antaranya adalah pengecekan kondisi kendaraan Anda sebelum digunakan, kemudian cek juga kondisi fisik Anda. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko dan potensi terjadinya kecelakaan. Jadi, siapkah Anda mudik menggunakan sepeda motor? Tak perlu takut menggunakan sepeda motor saat mudik, asal Anda mematuhi seluruh peraturan dalam berkendara. Dan jangan lupa, gunakan helm SNI.

Baca Juga  SATU LAGI, TOKOH INDONESIA MASUK MUSEUM MADAME TUSSAUD

Comments

SHARE
Previous articleKOPERASI TANAMAN
Next articleNASI GORENG YANG TAK DIRINDUKAN
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here