Oleh: Budi Cesar

REVIENSMEDIA.COM, KOTA BATU MALANG – Kalau berbicara soal wisata di Jawa Timur, kira-kira sahabat ingat Kota mana saja? Coba sebutin satu-satu. Pacitan yang terkenal pantainya, Banyuwangi terkenal Kawah Ijennya, Mojokerto yang terkenal sejarahnya, Malang yang terkenal apelnya, nah kalo Kota Batu apa yang terkenal?

Batu banyak mengisahkan tempat-tempat wisata baik wisata alam, kuliner, tempat nongkrong, apalagi kalau kita singgah di alun-alun Kota Batu, selain hawanya dingin penataan Kota yang apik, banyak wahana rekreasi dan yang paling membuat pemuda pemudi betah adalah nggak ada waktu istirahat buat kuliner di lota ini apalagi weekend. Yah namanya juga Kota Wisata Batu atau orang lebih suka menyingkatnya dengan sebutan KWB.

Dahulu Kota Batu termasuk dalam bagian Kabupaten Malang, kemudian pada tanggal 6 Maret 1993 menetapkan diri sebagai Kota Administratif dan pada tanggal 17 Oktober 2001 ditetapkan sebagai Kota Otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Nah, asikkan sekilas kita sudah mengenal KWB Jawa Timur, namun tidak sebatas itu, ada hal yang paling Legendaris dari kota ini. Sampai-sampai kesohor cita rasa dan nikmatnya menyantap makanan ini ke seluruh penjuru Provinsi Jawa Timur. Yang paling asik dan paling legendaris dari KWB ini, yang paling asoy dinikmati di waktu sore dan malam hari adalah Ketan Durennya Pos Ketan cuuuyyyy!!!! ajib bener.

Baca Juga  Ayam Pansoh, Menu Adat Suku Dayak

Betul, betul, betul… Pos Ketan Legendaris 1967 adalah tempat makan khusus menu ketan. Jadi Pos Ketan yang legendaris ini menyajikan menu ketan berbagai macam rasa divantaranya Ketan Susu Keju, Ketan Bubuk, Ketan Susu Duren, Ketan Black White, Ketam Ayam Pedas, Ketan Susu Meises dan lainnya, kalau nggak salah total ada sekitar dua belas menu sajian ketan.

IMG-20170704-WA0053

Nah, yang paling saya suka adalah Ketan Susu Duren beeehhh ajib banget, paduan ke legitan ketan yang pas, nggak lengket dan pulen banget yang pasti sedikit gurih manis, ditambah perpaduan manisnya susu yang khas dan mantabnya rasa duren yang legendaris, tak salah jika buah dengan kulit berduri ini disebut sebagai rajanya buah.

Baca Juga  Perkenalkan, Inilah Kopi Papua

Namun, tak kalah menarik untuk dinikmati adalah Ketan Susu Keju dan Ketan Susu Meseis,, rasanya beeehh ajiib bener!!!! serba manis dan gurih dari rasa kejunya, tapi awas bagi yang kena penyakit diabetes disarankan jangan mencicipinya kalau nggak mau kena akibatnya hehehe.
Harganya pun bervariasi ada yang berkisar dari 6 ribuan sampai dengan 10 ribuan.

Pokoknya kalau kalian berwisata di Kota Batu setiba di alun-alun lapar nggak lapar, kalian mesti cicipi nih menu ketan di Pos Ketan yang Legendaris ini. tempatnya dari alun-alun KWB tidak jauh, searching google maps aja udah selesai kok hehehe. Pokoknya mesti nyoba ya guys, oh iya Pos Ketan Legendaris ini buka antara jam 4 sore sampai jam 2 atau jam 3 pagi. Oke guys selamat menikmati yak.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here