Oleh: Chodri Al-Rosyd

REVIENSMEDIA.COM, JAKARTA – Bagi semua orang, nama jagung sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, jika jagung disulap menjadi sebuah makanan yang tidak biasa kita makan dalam sehari-hari, mungkin tidak semua orang pernah merasakanya. Saat aku berkunjung ke anjungan Jawa Tengah, TMII pada 22-23 Juli 2017 terlihat berjejer berbagai panganan baik makanan menu utama ataupun makanan ringan.

IMG-20170725-WA0002IMG-20170725-WA0001

Dengan desain display menarik dan persentasi panganan yang menggoda ternyata sebagian besar makanan itu terbuat dari bahan baku jagung. Yapss pada saat itu memang sedang diselenggarakan pameran dan lomba masakan tradisional Jawa Tengah dengan berbahan utama jagung. Karena memang dalam acara tersebut tema panganannya harus berbahan jagung.

Ditemui di sela-sela akan melakukan pembukaan jalan sehat di hari kedua, Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Tengah, Sri Puryono, mengatakan bahwasanya kita tidak harus mengandalkan makanan berbahan beras, namun bisa juga menggunakan ubi-ubian, jagung, maupun kacang-kacangan. “Semuanya mengandung kadar protein dan gizi yang lebih dari cukup.”, tambahnya.

Baca Juga  Nikmatnya Wisata Kuliner di Pasar Tradisional

IMG_20170725_054549

Dalam pameran yang diselenggarakan oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah ini diikuti oleh kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya pangan khas kabupaten dan kota, juga inovasi panganan terbuat dari bahan jagung.

IMG-20170725-WA0003

Aku pun terus mengelilingi area lomba dan sesekali menanyakan jenis makanan yang mereka sajikan. Ternyata potensi makanan di Jawa Tengah sungguh besar dan salut buat mereka yang berinovasi dengan bahan jagung. Dalam hatiku berkata “Wah ternyata jagung bisa diolah jadi macam-macam makanan, baik makanan menu utama maupun cemilan, di antaranya nasi jagung, puding jagung, minuman dari jagung dan masih banyak lagi lainya”. Nah dalam lomba ini langsung dijuri oleh chef kenamaan Indonesia lohh, yaitu chef Bara.

Baca Juga  Geliat Industri kopi Indonesia

IMG_20170725_054415

Saat mengelilingi area aku dikasih tahu makanan yang menurutku cukup unik bahan bakunya. Yang lainnya dari jagungnya, nah kalau ini berbahan rambut jagung. Wahh rambut jagung loh… yapss.. rambut jagung itu dibuat jadi kripik. Kripik rambut jagung. Kerenn kan inovasi orang Jawa Tengah ini. Itu baru satu, dan masih banyak lagi inovasi-inovasi lainnya. Tidak hanya Lomba makanan khas berbahan jagung, juga diadakan pameran produk-produk unggulan Jawa Tengah.

Comments

SHARE
Previous articlePerihal Goib Tak Gulung Tikar di Zaman Moderen
Next articleLacak Adalah Identitas Bujang Jambi
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here