Oleh: Yan Budi Nugroho

REVIENSMEDIA.COM, JAMBI – Jambi saat ini tengah semangat-semangatnya dalam mencari sesuatu untuk dijadikan icon daerahnya. Setelah beberapa lalu mengenalkan kain batik, songket dan yang lainnya. Kali ini Jambi mengambil inisiatif lagi untuk memperkenalkan Provinsi Jambi ke dunia luar.

Yah namanya lacak, lacak sendiri adalah semacam ikat kepala khas melayu Jambi untuk kaum laki-laki, khususnya orang Jambi. Lacak terbuat dari kain bludru berwarna merah yang di dalamnya terdapat kertas dengan maksud supaya menjadikannya keras. Lacak yang dahulu kala sering dipakai oleh para hulubalang kerajaan, panglima perang dan raja jambi ini menjadikan simbol kewibawaan, kekuasaan, dan kehormatan.

Lacak sendiri berasal dari kata berkacak yang artinya gagah, maka dari itu lacak merupakan ikat kepala atau penutup kepala yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi. Hal ini jika di Jogjakarta sama halnya dengan blangkon. Blangkon juga merupakan tutup kepala yang sangat dibanggakan pula di Jogjakarta. Lacak akhir-akhir ini semakin populer di kalangan bujang Jambi, semakin hari terus saja semakin banyak yang memakainya.

Baca Juga  Grebeg Loano: Promosi Desa Wisata Budaya

Di samping untuk melestarikan kearifan lokal memakai lacak juga berdampak sangat baik di bidang perekonomian dan pariwisata. Terbukti saat ini banyak sekali orang memakai lacak dan lacak sendiri dengan sangat mudah didapat, cukup dengan harga 90 k lacak sudah bisa menghiasi kepalamu, cukup murah bukan? oh iya memakai lacak juga tak sembarang memakainya, karena lacak jika dipakai oleh laki-laki mempunyai arti. Apabila lacak itu mempunyai lipatan kain yang mengarah ke arah kiri itu menandakan kalau dia masih bujang dalam arti dia belum menikah dan mempunyai pasangan. Tapi apabila lipatan kainnya mengarah ke arah kanan berarti menandakan kalau seorang lelaki itu sudah mempunyai pasangan dan sudah menikah.

Baca Juga  Orkestrasi Perang Jawa dari Andi Bayou

Nah untuk itu kalian semua entah itu bujang Jambi maupun dari daerah lain atau mungkin turis asing harus diperhatikan saat nanti membeli lacak dan memakainya. bagaimana menarik bukan? jika kalian semua pergi ke Jambi, atau kalian warga Jambi jangan lupa membeli ikat kepala ini. percaya deh dengan memakai ini kalian aka tambah ganteng 50% hehehe. Cintai produk lokal, visit Jambi.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here