Warkop Asiang Tempat Ngopi Favorit Masyarakat Pontianak

0
129
Cara barista menyajikan kopi dengan tidak menggunakan baju

REVIENSMEDIA.COM, PONTIANAK РNgobrol soal kopi, sebenarnya saya kurang bisa menikmati seduhan bubuk berwarna hitam legam tersebut. Namun karena saya ingin merasa sok gaul ya sudah, saya mencoba untuk minum kopi di beberapa tempat cukup terkenal di bilangan Kota Pontianak, seperti warkop Winny, Warkop Suka Hati (selain kopi, pisang srikayanya cukup terkenal di sini), dan juga warkop Aming dan Asiang.

Nah, kurang seru kalau saya hanya sekedar mencicipi tanpa sedikit me-review salah satu tempat ngopi di kota Pontianak. Salah satu tempat ngopi favorit di kota Pontianak adalah warkop Asiang, tempat ini sangat ramai dan terkenal, tentunya karena kemahiran sang barista dalam meracik kopi sehingga aroma dan rasa kopi di kedai ini benar-benar nikmat.

Sebenarnya saya tidak begitu paham tentang citarasa dari secangkir kopi, namun saya ingin menggambarkan bagaimana rasa kopi di warkop Asiang menurut pengalaman saya menikmati kopi di tempat ini.

Baca Juga  Kopi Cap Muntu: Legenda Kopi dari Kutoarjo

IMG_20170808_072352

Menurut saya, seduhan kopi di warkop ini sangat pekat, hal tersebut saya rasakan saat saya hendak menuju warkop Asiang. Dari jarak sekitar 50 meter menuju warung kopi, saya sudah mencium aroma kopi yang sangat nikmat.

Saat kopi yang saya pesan tersaji, pada setiap esapan yang saya rasakan sangat nikmat. Tidak watery (terlalu cair, sehingga citarasa kopi hilang) dan juga tidak terlalu kental. Padahal saya tidak terbiasa menikmati kopi hitam.

Satu hal lagi yang unik adalah cara baristanya menyajikan kopi dengan tidak menggunakan baju. Dalam hati saya penasaran, “apa nggak masuk angin? padahal warkop ini buka dari subuh, entahlah…” Sang barista juga memiliki tato di dada sebelah kiri yang disebut-sebut sebagai sisi lain dari keunikan warkop Asiang. Entah tatao itu bergambar apa, namun yang saya lihat memang unik.

IMG_20170808_064245

Saya berkunjung ke warkop Asiang sekitar jam 5 pagi, warkop ini sudah dipenuhi dengan para penikmat kopi sehingga saya kesulitan untuk mencari tempat duduk. Oh iya, selain kopi tersedia juga menu lain seperti kopi susu (bagi yang kurang suka kopi hitam) yang rasanya tidak kalah enak. Selain itu ada juga teh panas, milo dan beberapa macam makanan ringan seperti kroket isi ketela dan bengkuang, bingke, getuk dan roti isi.

Baca Juga  Citarasa Olahan Ikan Wader

Soal harga cukup bersahabat, untuk kopi hitam dan kopi susu dijual dengan harga delapan ribu rupiah. Sedangkan untuk snack kisaran empat ribu sampai tujuh ribu rupiah.

Lokasi dari warkop ini strategis, tepatnya di jalan merapi belakang Bank Mandiri Agus Salim. Warkop Asiang adalah salah satu tempat favorit masyarakat Pontianak, bagi kalian yang baru pertama kali ke Pontianak jangan lewatkan nongkrong sambil nyruput Kopi di tempat ini.

Penulis: Budi Cesar

Editor: Anggi

Comments

SHARE
Previous articleIlusi Jiwa Terucap
Next articleDua Sisi, dalam Antologi Cerpen
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
Pria yang memiliki motto dalam hidup lets life flow like a water Ini lahir di semarang, 20 juni 1987. Berpendidikan SH di universitas negeri semarang. Ia pernah magang advokad pada yayasan bantuan hukum adil indonesia, dan sekarang kerja di KPP Pratama Pontianak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here