Yess!! Kali ini kita akan membahas soal bagaimana memilih mutiara yang asli dan bagus dengan harga yang eehhmm yaa lumayan murah lah, dan yang pasti agar kantong nggak cepet kempes. Oke, sebelumnya saya mau cerita nih, sedikit mengenai perjalanan saya ke Lombok Nusa Tenggara Barat, di sini memang surganya tempat wisata terutama bagi yang suka bermandikan cahaya matahari. Namun gunung rinjani juga tak kalah eksotik menyuguhkan pemandangan hutan rayanya.

Mungkin berawal dari cuma sekedar ingin ngetrip dengan biaya murah ke Lombok selama 2 hari aja, tapi apalah daya keindahan surga dunia ini tak bisa diacuhkan begitu saja apalagi cuma dua hari rasanya kurang banget, akhirnya saya beserta suami sepakat ngetrip selama 5 hari 4 malam. Hufft tetep aja kurang.

Tapi ya sudahlah, mungkin besok bisa jalan-jalan lagi kesana, oke kembali ke topik soal Mutiara gaes!! Cocok banget, Lombok salah satu surga untuk mencari mutiara. Nah mutiara itu sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu, mutiara air laut dan mutiara air tawar. Di sini perlu kalian pahami gaes, karena sering salah sangka bahwa mutiara berasal dari kerang air laut saja, ternyata ada juga yang dari air tawar.

IMG-20171002-WA0028

Bagaimana cara membedakannya, gampang banget, tinggal pergi ke penjual mutiara bilang cari mutiara air laut dong, pasti diambilin hahahaha, enggak… enggak bercanda. Nah cara membedakannya antara mutiara air laut dan air tawar dan mutiara asli dan palsu, dari hasil research selama seharian di daerah Pasar Seni Senggigi, ada juga sempat ke Autore dan sempat berkeliling dari toko ke toko di daerah Sekar Bela, Mataram, ilmu instan yang didapat kurang lebih seperti ini:

Baca Juga  Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Memiliki Nilai Kemanusian Yang Tinggi

1. Mutiara Air laut atau bahasa kerennya South Sea Pearl, bentuknya cenderung bulat rata dan lebih mengkilap, kalau Cuma sepintas nggak ada bedanya kilauannya antara mutiara air tawar dan air laut butuh ketelitian. Nah untuk mutiara air tawar cenderung tidak bulat rata, ada juga yang mirip dengan air laut dari bentuknya yang bulat namun kilauannya tidak bisa dibohongi. Biasanya yang mirip tersebut berada di kelas “super”.

2. Warna Mutiara air laut kekuningan, apalagi yang grade “A” kalau kalian liat langsung jatuh hati sumpah, ada juga yang warna perak dan putih namun warna kekuningan justru yang harganya lebih mahal karena dipanen lebih dari 5-7 tahun sekali bahkan bisa lebih. Kalau yang air tawar itu rata-rata putih susu dan perak, tapi sekali lagi kilauannya tidak bisa dibohongi.

IMG-20171002-WA0025

3. Ini yang penting, membedakan mutiara asli dan palsu adalah dengan cara menggigitnya. Jika kalian gigit serasa ada pasir di gigi itu menandakan keasliannya. Namun jika digigit teras licin mungkin itu plastik atau paling banter itu kerajinan dari kerang atau cukli.

4. Perhatikan juga pori-porinya gaes, jika ditemukan ada bintik-bintik hitam macam pori-pori jeruk itu juga sebagai tanda keaslian dari mutiara. Ini berlaku bagi mutiara air laut dan mutiara air tawar. Ada juga yang tidak ada pori-porinya tapi siap-siap gadein sertifikat rumahmu karena harganya selangit brrooww…heheh!!! Itu yang kelasnya “Grade A” bagi Mutiara Air Laut dan kelas “super” bagi air tawar.

5. Untuk harga pun bervariasi, jangan harap kalau kamu cuma punya uang ratusan ribu dapat beli mutiara air laut karena minimal harga mutiara air laut yang “grade B” itu satu jutaan lebih itupun cuma sebesar biji jagung. Tapi jangan kawatir semua bisa dinego dan beberapa toko di Jalan Raya Senggigi menawarkan potongan harga sebesar 10 % kurang lebihnya, pandai-pandailah menawar ya Brow. Dan Alhamdulillah kemaren saya dapat harga 900 ribu untuk mutiara air laut “Grade B” dan mendapatkan Sertifikat Keaslian dari Toko tersebut. Kebetulan saat itu saya belanja di Bunga Pearl Jl Raya Senggigi.

Baca Juga  Jangan Matre Mbak

6. Begitu juga dengan harga Mutiara Air tawar, ini juga kita mesti pandai-pandai menawar. Kalau boleh saya sarankan belilah di daerah Pasar Seni Senggigi karena selain banyak pedagangnya juga harga benar-benar bisa dinego, kemaren saya dapat 6 gelang mutiara seharga 100 ribu, satu gelang berisi 3 butir mutiara, mungkin teman-teman bisa lebih nego ekstrim lagi hahahah.

7. Hampir lupa, nanti saat kalian mencari mutiara akan ditemukan mutiara yang berwana hitam, emas, merah, orange, jangan kawatir itu bukan manik manik tapi saat dibudidaya siput kerangnya diberi makanan yang membuat mutiara bisa berwarna. kata orang-orang sih itu disuntik.

IMG-20171002-WA0021

Mungkin itu tips dan trik mendapatkan mutiara asli dan murah, sebenarnya masih banyak lagi tips dan trik yang wajib disampaikan tapi kebetulan saya lupa, hehehe. Oh iya, perlu diketahui juga kalau Negara kita Indonesia ini merupakan salah satu Produsen mutiara terbesar dunia, jadi patut berbangga diri dengan capaian tersebut. Salah satu daerahnya ya di Lombok, NTB ini, maka yang wajib kita lakukan adalah menjaga kelestarian alam terutama kebersihan laut agar budidaya South Sea Pearl kita tetap mejadi komoditi unggulan.

Penulis: Dewi Chaula
Editor: Muh Khoirudin

Comments

SHARE
Previous articleHILANGNYA KASIH UNTUK ROHINGYA
Next articleBung Karno Sang Proklamator RI
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here