Rempo Urip, Dardanella & Kota Manggis

0
300

Kota ini menemukan kegemilangannya seperti membentuk sebuah pola tertentu. Periodik tahun dan berjangka tertentu pula.

Era kontemplasi penuh dan perintis awal sekali di era Balitung ke belakang, lalu di periode heroisme, atau penuh epos dengan puncak di gelegar dengan peristiwa Perang Jawa di sekitar Menoreh.

Setelahnya kota ini masih ikut serta dengan periode perjuangan, di mana putra-putra terbaiknya yang berkarya dan menjadi pelopor di berbagai sendi kehidupan dan kekaryaan kelas wahid. Tak terkecuali seorang Rempo Urip.

“Saya ucapkan selamat dan sukses padamu Rempo. Kau benar-benar murid kebanggaan sekolah ini. Semoga kelak karirmu sesukses prestasimu sekarang.”  Puji seorang guru di sekolah HIS Purworejo, sembari menyerahkan piagam penghargaan. Rempo muda yang saat itu baru berusia 18 tahun, tersenyum dan mengucapkan terima kasih.
“Bagi Rempo muda, pujian dan ucapan selamat yang sering diucapkan oleh para guru, merupakan santapan sehari-hari. Sebagai siswa cerdas yang mampu menyelesaikan jenjang pendidikan dasar ( SD-SMU) dalam waktu 9 tahun. Pujian yang dilontarkan oleh para pendidik bukanlah sesuatu yang baru baginya. Meski sempat menimba ilmu di sekolah milik pemerintah Belanda, hampir sebagian dari pendidikan dasar ditempuhnya di sekolah milik pemerintah Inggris.

Baca Juga  YOEM SOEMARSONO BAPAK HELIKOPTER INDONESIA

Wajar bila sampai akhir hayatnya Rempo Urip fasih berbicara dalam bahasa Inggris.” Demikian seperti disadur dari laman Indonesia Cinematoque.

Rempo Urip, salah satu duta seni Indonesia generasi awal, bintang di Dardanella yang melegenda, seorang sutradara dan juga bibit unggul kebanggaan kaum nasionalis & religius bangsa ini tentunya.

Putra dari pasangan Bapak Sonorejo dan Sowoh ini memang lahir dari generasi yang gemilang dan unggul dengan polesan ethos, etika serta visi panjang dari kepribadiannya yang bersahaja.

Pendidikannya selepas HIS, antara lain di Methodist Mission School, Course Sutradara & Editor di Manila Filipina, serta di asah dengan laku saat menjadi pemain & desainer di Teater Dardanella yang melegenda di paruh waktu 1935 an.

Beberapa film hasil tangan dinginnya antara lain berjudul Riapa Ajahku, Leilani, Bintang Baru, Harta Angker, Tjalon Duta, Rindu, Pegawai Tinggi, Air Pasang, dan puluhan film lainnya.

Baca Juga  Kematian Soekarno Tak Seindah Jasanya Memerdekakan Negeri Ini.

Rempo telah menciptakan sejarah dan fase gemilang untuk diteruskan para yuniornya. Takdir sejarah yang dicipta dengan balutan doa Bapak Ibunya, kerja keras dan intuisi masa depan.

Sahabat dekat dari bintang panggung Fifi Young, Nyoo Cheong Sheng sekaligus suami dari Asmah ponakan Jamaludin Malik, pendiri dan pemilik Persari Film yang bersama-sama ia dirikan.

Teater Dardanella, Pagoda, Bolero, Perusahaan Persari Film, JIF, Oriental Film co dll adalah jejak panjang dari indrawi tajam dan semangat tak kenal lelah putra Kota Manggis ini.

Beliau meninggalkan pesan untuk generasi sekarang dan sekampung dengannya mungkin seperti ini: ”Jangan terjebak romantisme semata, tetapi jangkaulah inti, saripatinya dan lesatkan lakumu membidik peluang dan karya di jangakauan 100 tahun ke depan.”

Disarikan dari berbagai sumber.

Penulis: Ilhan Erda
Editor: Muh Khoirudin

Comments

SHARE
Previous articleCara Jitu Ungkap Kebohongan
Next articleViral!! Pengakuan Guru Di Perbatasan Indonesia-Malaysia
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here