Undang 9 Negara, Ponpes Assalam Perkenalkan Budaya Indonesia

0
222

REVIENSMEDIA.COM, BOGOR – Guna menyambut hari santri yang jatuh pada 22 Oktober, Pondok Pesantren Assalam, Bogor, Jawa Barat mengundang 9 negara untuk menampilkan kesenian mereka pada kegiatan bertajuk “Festival Puspita I”, pada 14 Oktober 2017. Perwakilan negara yang hadir adalah Amerika Serikat, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Sinegal, Afghanistan, India, Afrika, dan Australia. Kemudian belakangan menyusul peserta dari Malaysia.

Menurut pengasuh Pindok Pesantren Assalam, Ali Qohar, festival itu merupakan upaya saling mengenalkan ragam kebudayaan antarnegara. Para santri Assalam bisa memperkenalkan budaya Indonesia. Sebaliknya, negara-negara lain juga memperkenalkan kesenian dan bisa mengetahui kebudayaan Indonesia.

“Kita menampilkan budaya Indonesia ke mata dunia. Kita mengenalkan Indonesia yang ramah dan santun. Kita memperkenalkan Indonesia yang sangat bisa menjaga keutuhan keragaman budaya. Poin pentingnya hal itu dilakukan para santri,” jelas pria yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo yang saat ini diasuh KH Azzaim Ibrahimy.

Baca Juga  Tedak Siten: Prosesi Selamatan si Kecil

imageContent

Lebih dari itu, menurut pria yang akrab disapa Kang Aang itu, melalui festival tersebut, Assalam memperkenalkan jatidiri Islam Indonesia secara langsung.

“Kami mengundang negara-negara lain untuk hadir ke kantong Muslim Indonesia. Ternyata mereka enjoy, mereka menginap di Assalam,” lanjut pria yang pernah aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kediri, Jawa Timur.

Gio Demalanta dari Fhilipina misalnya, berkomentar, Festival Puspita pertama ini sukses besar. “Ini bagian penting dalam hidup saya karena kita di sini sharing tentang banyak negara lain, acaranya sangat menarik dan saya sangat senang saat kita nyanyi bersama We are the Word.”

Baca Juga  DKP Lestarikan Budaya dalam Peresmian Jembatan Gantung Desa Sawangan

IMG-20171019-WA0018

Sementara Momardiam dari Sinegal, “Ini pengalaman pertama saya melihat budaya negara-negara lain. Acara festival ini sangat asyik. Semoga festival kedua nanti semakin banyak negara lain yang terlibat.”

Menurut Aang, Festival Puspita akan dilakukan rutin di Pesantren Assalam sebagai peringatan Hari Santri. Tahun depan waktunya tidak hanya sehari, tapi lima hari. Di antara kgiatannya, selain penampilan budaya akan diadakan workshop.

Pesantren Assalam didirikan Ali Qohar pada 2009 di gunung Geulis, Kabupaten Bogor. Assalam dikenal masyarakat sebagai Pondok Pesantren Inggris karena bahasa sehari-hari para santrinya menggunakan bahasa Inggris. (Red: Abdullah Alawi)

Sumber: NU.or.id

Comments

SHARE
Previous articleViral!! Pengakuan Guru Di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Next articleHeboh !!! Kemeriahan Pemutaran Film “Negeri Dongeng”
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here