Pelangi Warna Purworejo Satukan Visi Pelukis Purworejo

0
298

REVIENSMEDIA.COM, PURWOREJO – Pemilihan kompleks gedung SMA 7 Purworejo, tepatnya di Gedung Sasana Krida Tanjung bagian indoor bukan tanpa alasan. Dengan faktor legendarisnya eks gedung HKS berusia lebih dari 100 tahun dan dengan adanya pameran lukis bertajuk “Pelangi Warna Purworejo 2017”.

Di mana terselenggara berkat kerjasama Kementerian Pendidikan Nasional Dirjen Kebudayaan, SMA 7 Purworejo, dan Yayasan Tiara Bina Bangsa.

Prapto Effendi sebagai pimpinan Sanggar Lukis Bina Tunas Bangsa sekaligus inisiator di pameran yang berkonsep “bazar art” ini mengatakan: ”Pameran ini terdiri dari ratusan lukisan dan ragam pelukis. Sengaja tidak ada kuratorial untuk menyamakan persepsi, dan selanjutnya ialah pemetaan akan visi, karakter dan arah daripada geliat seni rupa ke depan.” tukasnya.

Baca Juga  Dalang Legendaris dari Bagelen

Pameran ini secara spesial dihadiri oleh segenap pejabat dari Dirjen Kebudayaan yakni di antaranya Kuat Prihatin S.sos, MM dll. Dan jajaran pejabat birokrasi dan Kepala SMA 7 Purworejo Drs Wuryantoro, serta Dr Nikmah Nurbaity.

Ratusan lukisan yang dipersembahkan oleh kurang lebih 35an pelukis ini sangat bervariatif dan terhitung progresif di tengah kota kecil yang pameran seni rupanya kalah oleh kota tetangga misalnya Kota Magelang, Jogjakarta dll.

Beberapa nama yang ikut mewarnai pameran ini ialah Prapto Effendi, Edy Dwiyantoro, Umar Faruq, Ary WP, Suraji, Supriono, Jati W Munandar dan banyak lainnya.

Beberapa nama sudah sampai luar negeri seperti Jati W Munandar yang sudah ikut Biennale Jawa Tengah, Pameran Singapore. Ada lagi Prapto Effendi yang lukisannya sudah dikoleksi orang-orang pusat, Umar Faruq wakil ISI Jogjakarta di Maluku atau Ary WP yang sudah wara-wiri di belantika lukis nasional.

Baca Juga  WR SUPRATMAN, PEMUDA DARI PURWOREJO PENCIPTA LAGU INDONESIA RAYA

Pelangi Warna Purworejo 2017 bukan sebuah akhiran. Panitia ingin melakukan sebuah terobosan dan membuat virus positif berupa terpacunya para pelukis dan perupa di Kabupaten Purworejo untuk selalu berkarya, berfikir out of the box serta tak kenal lelah untuk terus upgrade diri (wawasan) dan meningkatkan jejaring.

Tentu saja agar muncul pelukis-pelukis masa depan yang mampu menggantikan sosok Hanafie, Agus Suwage, atau H Widayat yang sudah membanggakan Bhumi Purworejo ini.

Penulis: Ilhan Erda
Editor: Muh Khoirudin
Foto: Ayong

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaPenyihir Pemilik Biji Kopi
Berita berikutnyaSang Singa Podium Kasman Singodimejo
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here