Islam & Sufisme di Nusantara

0
193

Masuknya Islam ke Nusantara itu prosesnya sangat panjang dan berliku. Mungkin perlu waktu lebih 500 tahun (abad 11-16 Masehi) hingga agama Islam dipeluk secara masif oleh masyarakat. Dan itu, saudara, jelas tidak mudah.

Pada era-era itu, para sufilah yang membuka jalan. Sebab merekalah, yang sanggup memasuki jantung dan batin kebudayaan, dimensi terdalam dari alam pikiran dan dunia rasa sebuah komunitas sosial.

Jika kini, ada anggapan bahwa ajaran-ajaran mereka keliru, tidak murni tersebab terlalu berkompromi dengan agama terdahulu atau budaya setempat, saya pikir pandangan itu lebih keblinger lagi.

Di segala zaman, siasat dan strategi kebudayaan itu jelas diperlukan untuk menghadapi segala tantangan yang ada. Kita bisa belajar banyak dari masa lalu, bagaimana para pendahulu itu mengembangkan jalan dakwah dan menegakkan prinsip-prinsip ketauhidan secara manis. Bahkan sanggup menjadi “jiwa” kebudayaan hingga hari ini.

Tentu saja banyak hal yang harus diperbaiki detailnya. Disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tapi menganggap apa yang mereka lakukan sepenuhnya keliru, harus diberangus karena dianggap biang kesesatan?

Penulis: Paox Iben
Photo: Paox Iben & sufistik.com

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaHadir dan “Kepergian” mu
Berita berikutnyaJalan Tuhan
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here