Harmoni Musik Keroncong Tetap Eksis Hingga Kini

0
279

REVIENSMEDIA.COM, JAKARTA – Semangat nasionalisme memang menjadi hal yang sangat penting bagi seluruh warga bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Banyak yang menggunakan berbagi cara untuk mengaktualisasikan semangat nasionalisme, salah satunya dengan bermusik.

Salah satunya yang dilakukan oleh dokter R.H.Soetomo. Pria yang berprofesi sebagai dokter ini mengibarkan semangat nasionalimenya lewat musik keroncong. Didampingi sang istri yang juga mencintai musik keroncong. R.H.Soetomo mengangkat keroncong sebagai identitas bangsa Indonesia, hal itu ia buktikan dengan membangun The Indonesian Keroncong Center yang diresmikan pada 2009 lalu. Sebelum mendirikan pusat keroncong ini, ia juga sebagai ketua umum himpunan artis musik keroncong Indonesia.

Walaupun ia disibukkan dengan kegiatannya menjadi dokter, R.H. Soetomo juga masih meyempatkan diri melatih anak-anak sekolah dasar (SD) bernyanyi keroncong. Diiringi musik yang dimainkan oleh musisi senior, begitu indah dan merdu lagu keroncong yang dinyanyikan oleh anak-anak ini.

Bagi Soetomo, musik keroncong adalah budaya Indonesia yang kental dengan perjuangan bangsa, maka selakyaknya musik ini tetap dilestarikan dan disalurkan ke generasi muda.

Walaupun usia tak muda lagi dan menggunakan biaya pribadi dalam melestarikan musik keroncong, namun semangatnya tetap begitu besar dan suara merdunya pun masih terlihat saat ia bernyanyi.

Penulis: Choiril Chodri
Editor: Muh Khoirudin

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here