Ini Salah Satu Cara Mengenalkan Budaya Indonesia Ke Masyarakat Luas

0
233

REVIENSMEDIA.COM, JAKARTA – Indonesia kaya akan beragam kesenian dan budaya yang harus terus kita jaga. Banyak cara untuk menjaga seni dan budaya nusantara ini, salah satunya dengan kirab budaya seperti yang dilakukan oleh Paguyuban Jawa Tengah (PJT).

Kirab budaya adalah jalan beriringan atau pawai dengan menghadirkan harmoni budaya nusantara. Menonjolkan budaya khas Jawa Tengah lewat tarian, karakter pewayangan hingga baju daerah setempat. Kirab budaya ini mengusung tema giat pesta rakyat, yang mengajak masyarakat peduli terhadap eksitensi ragam budaya Jawa Tengah di tengah moderenisasi ibu kota.

Keindahan budaya yang sarat akan nilai luhur dibalut keakraban serta tawa riang terlihat jelas pada arak-arakan kirab budaya ini.

Iring-iringan kirab budaya yang menghadirkan kebudayaaan mewakili Kabupaten atau kota di Provinsi Jawa tengah, siang itu menghiasi teriknya matahari di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dan kereta kencana berada di barisan terdepan, mengiringi acara kirab.

Kuda lumping, tarian dolalak khas Purworejo, peserta berseragam paguyuban, dan baju adat pernikahan Jawa Tengah lengkap dengan papan yang bertuliskan nama-nama daerah di Jawa Tengah ikut meramaikan kirab budaya.

Peserta yang hadir dalam kirab budaya ini adalah paguyuban-paguyuban se-Jawa Tengah, di antaranya Paguyuban dari Magelang, Purworejo, Kebumen, Kudus, Kebumen, Semarang, dan paguyuban Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah lainya.

Dengan diadakanya kirab budaya Jawa Tengah ini, diharapkan mampu mengenalkan kesenian dan kebudayaan yang ada di provinsi Jawa Tengah ke masyarakat luas.

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaRuntuhnya Kerajaaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara Islam di Nusantara
Berita berikutnyaTak ada Dirimu Lagi
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here