Nusantara dalam Secangkir Kopi

0
176

REVIENSMEDIA.COM, JAKARTA – Indonesia adalah negara dengan penghasil kopi terbesar keempat di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolumbia. Dalam sejarah, kopi di Indonesia sudah melewati perjalanan panjang dari awal masuk hingga tersebar di penjuru nusantara. Dan kopi Indonesia dikenal juga sebagai negara yang menjadi refrensi produksi kopi berkualitas baik.

Sampai hari ini, kopi Indonesia masih memiliki prospek yang sangat baik, dan masih harus ditingkatkan mengingat sampai saat ini kopi Indonesia baru mampu menyerap sekitar 35 persen produksi dalam negeri dan sisanya sebesar 65 persen diekspor.

IMG_20180129_184013

Kini dengan merebaknya kedai kopi dan kafe di tanah air, telah meningkatkan tran penikmat kopi. Dari tahun ke tahun trannya terus meningkat mengakibatkan bisnis kopi tumbuh seperti jamur di musim hujan. Tran tumbuhnya bisnis kedai kopi tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan konsusmsi kopi per kapita dalam negeri, sekarang sudah mencapai 1.5 kg per kapita. Meskipun, pada kenyataannya konsusmsi dalam negeri masih di bawah konsusmsi negara-negara pengimpor, seperti jepang konsumsi per kapitanya 4 kg per tahun, Nurwegia kopi per kapita 13 kg per tahun, demikian juga dengan Malaysia yang sudah mencapai 4 kg per kapita per tahun.

IMG_20180129_184045

Kenyataan bahwa konsumsi kopi domestik yang masih rendah, pemerintah, swasta, dan stakeholder harus mengambil peran penting dan strategis dalam mendorong tumbuhnya konsusmsi lokal dsn tumbuhnya kedai kopi atau kafe di tanah air, melalui bentuk kebijakan dan kemudahan berwirausaha, agar konsusmsi dalam negeri terus meningkat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Untuk itu Media Indonesia bekerjasama dengan komunitas Koperasi Kopi Indonesia (Kokopi) dan Kopi United menggelar festival kopi dengan tajuk “Nusantara Dalam Secangkir Kopi”.

IMG_20180129_183956

Festival tersebut menghadirkan lebih dari 25 kedai kopi dan 48 jenis kopi dari nusantara, di antaranya kopi Malabar, Wamena, Temanggung, Batang, Mandailing, Sidikalang, Lampung, Toraja, Java Preanger, Flores Bajawa, dan masih banyak lagi.

Jenis- jenis kopi tersebut terbagi menjadi dua jenis di antaranya Kopi Arabika yang memiliki ciri:
1. Memiliki bentuk cenderung lebih lonjong
2. Membutuhkan beberapa tahun untuk matang, serta membutuhkan lahan yang lebih besar
3. Tumbuh diketinggian 700- 1.700 mdpl
4. Sangat peka terhadap perubahan suhu dan mudah diserang hama dan penyakit
5. Rasa gula lebih manis (memiliki kandungan gula dan lipid lebih tinggi)
6. Biji arabika memiliki 1.5% kandungan kafein
7. Memiliki aroma wangi seperti campuran bunga dan buah-buhan.
Daerah asal Arabika yang baik di antaranya: Toraja, Sumatra, Mandailing, Jawa.

Nusantara dalam secangkir kopi

Kedua adalah Kopi Robusta yang memiliki ciri:
1. Memiliki bentuk lebih bulat
2. Lebih cepat berkembang dan memproduksi buah
3. Dapat tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 400-800 mdpl
4. Rasa kopi lebih pahit
5. Biji robusta memiliki 2.7% kandungan kafein
6. Memiliki citarasa dan aroma kopi sangat kuat.

Daerah asal Kopi Robusta terbaik antara lain: Lampung, Jawa Barat, Bali, Flores, Bengkulu

Sumber: Press Realeas Festival Kopi (Media Indonesia)

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaSerat Babad Kedhung Kebo Curahan Hati Cokronegoro I
Berita berikutnyaCintaku Bertasbih di Sumenep
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here